Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 07 Maret 2017, 07:51 WIB

Ini Alasan Kendaraan Terkini Butuh Pelumas yang Lebih Encer

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ini Alasan Kendaraan Terkini Butuh Pelumas yang Lebih Encer Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Kendaraan bermotor yang diproduksi akhir-akhir ini membutuhkan pelumas yang lebih encer. Apa alasannya pelumas semakin encer?

Lubricant Product Development Pertamina, Mia Krishna menjelaskan, pendorong utama mengapa kendaraan membutuhkan pelumas yang lebih encer adalah standar emisi yang semakin ketat. Untuk memenuhi standar emisi itu, kendaraan harus menekan konsumsi bahan bakar.

"Menghemat bahan bakar ini ada macam-macam caranya, mulai dari viskositas pelumas yang dibuat lebih encer," kata Mia di Jakarta, Senin (6/3/2017).

Namun, pelumas yang lebih encer saja belum cukup untuk mencapai target pengurangan konsumsi bahan bakar.

"Kita harus melihat teknologi aditif untuk pelumas," ucap Mia. Misalnya penggunaan bahan aditif bernama friction modifier. Aditif itu berfungsi mengurangi gesekan sehingga meningkatkan efisiensi mesin.

Meski begitu, bukan berarti pelumas yang encer tetap bagus untuk semua kendaraan bermotor. Mia mengatakan, untuk memilih pelumas tetap perhatikan rekomendasi dari pabrikan kendaraan yang bisa dilihat di buku manual pemilik.

"Jangan beranggapan bahwa ada pelumas terbaru 0W-20 API SN, misalnya, cocok untuk semua mobil. Penggunaan pelumas yang tidak tepat atau tidak sesuai dengan kebutuhan engine, akan merusak mesin, dalam hal ini karena terlalu encer pelumasnya. Pelumas yang terbaik adalah yang sesuai rekomendasi manual. Jadi untuk mudahnya, lihat buku manual saja," kata Mia. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed