Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 05 Desember 2016, 16:16 WIB

Ide Agus Yudhoyono dan Sylviana Kurangi Kemacetan di Jakarta

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Ide Agus Yudhoyono dan Sylviana Kurangi Kemacetan di Jakarta Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2016 segera dimulai. Para pasangan calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) meluncurkan berbagai programnya untuk Jakarta jika nanti terpilih.

Salah satu yang tentu tidak luput dari perhatian adalah rencana mengurangi kemacetan di Ibu Kota.

Pasangan Cagub dan Cawagub nomor urut 1, Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana punya beberapa ide dan gagasan untuk mengurangi masalah kemacetan tersebut. Salah satunya adalah dengan menambah kapasitas dan kualitas transportasi umum di Jakarta, serta memberikan insentif positif bagi masyarakat Indonesia khususnya di Jakarta.

"Pada akhirnya warga DKI Jakarta akan mulai meninggalkan atau paling tidak mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Itulah mengapa ada insentif itu, karena pabrik transportation nya benar-benar aman, nyaman, selalu tepat waktu, kemudian juga affordable ataupun terjangkau oleh masyarakat. Nah ini lah akhirnya, ya ngapain kalau gitu saya gunain kendaraan yang nanti akhirnya juga macet dan sebagainya, lebih baik kita transportasi publik," ujar Agus, kepada wartawan, di gedung Detikcom, Senin (5/12/2016).

Baca: Tanggapan Agus-Sylviana Soal Moratorium Mobil Mewah

Meneruskan program-program dari pemerintah terdahulu yang sudah ada juga di rasa Agus merupakan hal yang penting untuk dilakukan, mengingat program tersebut memang di butuhkan untuk kebaikan transportasi di Jakarta.

"Seperti monorel dan juga RLT, dan MRT, untuk lebih mengangkut jumlah commuter lebih banyak lagi," ucap Agus.

Selain itu Pasangan Cagub dan Cawagub nomor urut 1 ini juga memiliki gagasan untuk membuat transportasi air dengan memanfaatkan sungai-sungai yang ada di Jakarta.

Baca Juga: Gokil, Wanita Ini Ngedrift Pakai Sepatu Hak Tinggi

"Bahkan kami sedang terus mengembangkan gagasan, dan juga untuk mengimplementasikan water way sistem. jadi kita ingin menggunakan sungai-sungai yang ada di Jakarta ini, untuk transportasi lintas air. Ini harapannya walaupun sekali lagi tidak sebesar yang dibayangkan, tetapi paling tidak, untuk lokasi-lokasi tertentu itu efektif untuk mengurai kemacetan. atau paling tidak menjadi alternatif untuk warga dalam transportasi dan juga menghindari kemacetan yang ada di jalan raya," ujar Agus.

Agus juga menambahkan bahwa harapannya nanti bahwa, makin ramai pejalan kaki dan pengendara sepeda di jalanan Ibu Kota.

"Nah ini harapannya semakin banyak gerakan sosial, dimana generasi muda terutama, akan lebih sering berjalan kaki dari satu titik ke titik lain termasuk menggunakan sepeda. Selain untuk kesehatan, tentu dengan semakin berkurangnya konsumsi bahan bakar akan mengurangi tingkat polusi dan mudah-mudahan Jakarta semakin hijau," tambahnya. (khi/lth)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed