Senin, 05 Sep 2016 14:29 WIB

Busi Unik Buatan Bosch, Ada 4 Elektroda

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Dadan Kuswaraharja Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Coba cek busi di kendaraan Anda, biasanya di ujungnya hanya ada 1 elektroda ya, tapi busi buatan Bosch ini unik, karena ada 4 elektroda. Rupanya ada alasan sendiri, kenapa Bosch membuat busi dengan 4 elektroda.

"Dengan 4 elektroda seperti ini, pengapian akan lebih mudah sehingga kendaraan menjadi lebih efisien," jelas Product Marketing Manager Bosch Friendky kepada detikOto.

Bosch mengklaim busi 4 elektroda mereka merupakan yang pertama. Busi Bosch Super 4 yang di pasaran dijual sekitar Rp 40.000-60.000 per busi ini diklaim memiliki keuntungan lain. Yakni penggantiannya bisa lebih lama dibandingkan busi standar. "Kalau busi standar setiap 20.000 km disarankan untuk diganti, kalau busi kita 35.000-45.000 km," ujarnya.

Dia menegaskan busi buatan Bosch tidak hanya cocok untu mobil-mobil keluaran Jerman. Mobil buatan Jepang pun bisa menggunakan busi ini. "Kita buat busi berdasarkan spesifikasi mobil," ujarnya.

Busi Super 4 juga tak masalah jika digunakan pada kendaraan model lama. Busi menggunakan material yttrium yang diklaim lebih bagus 50 persen lebih dibandingkan busi standar.

"Untuk range lain kita ada busi dengan material dari platinum, iridium dan double iridium," ujarnya.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com