Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 22 Desember 2014, 09:04 WIB

Polisi: Tahun Ini Pelanggaran Lalin Meningkat Tapi Kecelakaan Menurun

- detikOto
Polisi: Tahun Ini Pelanggaran Lalin Meningkat Tapi Kecelakaan Menurun
Semarang - Pada beberapa waktu lalu, pihak kepolisian Semarang, Jawa Tengah juga melakukan operasi zebra. Selama operasi itu dilakukan banyak masyarakat yang melanggar peraturan dan belum sadar akan keselamatan berkendara.

Menurut Wakasatlantas Polrestabes Semarang AKP Indra Waspada, dalam operasi zebra yang dilakukan di Semarang konsepnya tetap sama seperti yang dilakukan di kota-kota lain, yakni dapat membantu mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

"Selama 2 minggu berjalan tercatat 10.000 pelanggaran yang hampir rata-rata adalah pengguna sepeda motor. Ini tidak bisa dipungkiri karena memang hampir rata-rata pertumbuhan kendaraan di jalan adalah pengguna sepeda motor," tutur Indra dalam acara Press Conference HRC di Semarang, Jawa Tengah.

Dari total pelanggar itu, rata-rata pelanggar berusia produktif yakni dari mulai 16 sampai 30 tahun. Tentang kesadaran keselamatan berkendara, masyarakat khususnya yang ada di pedesaan sangat minim sehingga.

"Berdasarkan hasil Operasi Zebra tahun lalu dan tahun ini pelanggaran memang meningkat tapi dari segi kecelakaan menurun," katanya.

Dalam operasi zebra ini juga kepolisian Semarang berkonsentrasi kepada jenis pelanggaran kasat mata seperti pengendara tidak menggunakan helm, lawan arus, tidak menggunakan safety belt dan lain sebagainya.

"Mereka kita tindak tegas karena itu merupakan salah satu penyebab terjadinya kecelakaan. Mulai sekarang kita harus selalu sadar akan pentingnya keselamatan berkendara di jalan raya," pungkasnya.




(ady/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed