Ini Alasan Airbag Alphard Velfire Tidak Mengembang

ADVERTISEMENT

Ini Alasan Airbag Alphard Velfire Tidak Mengembang

- detikOto
Jumat, 29 Agu 2014 12:01 WIB
Kondisi Alphard setelah tertabrak kereta (Foto: Kemal)
Jakarta -

Toyota Alphard Velfire B 413 CIA harus tersungkur di Mapolda Metro, setelah tadi pagi tertabrak kereta muatan batu bara di perlintasan kereta Patal Senayan. Namun dikatakan airbag Alphard ini tidak mengembang saat terjadi kecelakaan, aduh apa penyebabnya ya Otolovers?

"Kalau sudutnya pas (saat terjadi tabrakan), airbag pasti akan bekerja (mengembang) tidak mungkin tidak mengembang," kata kepala bengkel Plaza Toyota di Jl. Pemuda Raya 1 No. 6 Pulo Gadung, Jakarta Timur, Parman Suanda, kepada detikOto.

Namun dirinya memperkirakan terjadinya kecelakaan Alphard Velfire ini, tidak mengenai sensor airbag.

"Airbag akan bekerja saat terjadi benturan, ketika sensor airbag dibagian bemper depan atau dideket sensor. Otomatis sensor akan mengirimkan sinyal ke modul kontrol dan itu akan membuat airbag mengembang," katanya.

"Dan sepertinya mobil ini tidak tabrakan (adu banteng atau hadap-hadapan), sehingga tidak mengenai sensor airbag. alphard ini terseret oleh kereta, dan tidak mengenai sensor airbag. Kalau terseret mah tidak akan mengembang airbagnya mas," katanya.

Akibat tabrakan itu, sopir Alphard mengalami luka dalam. Selain itu, pembantu yang duduk di samping sopir juga mengalami luka. Keduanya dilarikan ke RS RS Medika Permata.

Dijelaskan Sutimin, kecelakaan terjadi setelah Alphard menerobos palang perlintasan meskipun sirine sudah berbunyi. Saat sebagian badan mobil sudah melewati pelintasan, dalam jarak kurang dari 300 meter, kereta muatan batu bara tengah melintas menuju Cilegon.

Kecelakaan pun tak bisa dihindarkan. Bagian depan mobil langsung dihantam kereta. Akibatnya, bagian depan Alphard rusak parah. Pintu penumpang bagian depan pun terlepas.

(lth/ddn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT