Nih Batas Kadar Alkohol Pengendara

- detikOto
Selasa, 10 Des 2013 13:44 WIB
Jakarta - Polda Metro Jaya akan menindak pengendara sepeda motor ataupun mobil yang kedapatan mengkonsumsi narkoba atau alkohol. Ada batasan kadar alkohol yang telah ditentukan oleh Polda dalam program ini.

Kasat Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Hindarsono membeberkan jika saat razia ditemukan ada pengendara yang kadar alkoholnya tinggi maka akan ditindak.

Batas kadar alkohol yang sudah ditentukan yakni nol koma sekian masih dinyatakan sanggup mengendarakan kendaraan dengan baik. Tapi, jika kedapatan kadar alkoholnya di atas 1 koma maka pengemudi itu dilarang untuk mengemudikan kendaraan dan akan langsung dihukum.

"Kita tetap akan tilang mereka yang salah. Tapi ada juga hukuman lainnya. Ini agar masyarakat kapok. Berkendara dalam kondisi mabuk itu sangat berbahaya," tegas Hindarsono saat dihubungi detikOto, Selasa (10/12/2013).

Lanjutnya, pencegahan ini dilakukan agar kecelakaan di jalan akan semakin berkurang dan jika memang ada kecelakaan tidak berakibat fatal.

Alat yang bernama Drager Alcotest 7510 ini sudah pernah diuji coba pada akhir pekan lalu. Polda Metro Jaya menggelar operasi zebra di dua wilayah yakni di Jalan Pramuka dan TMII, Jaktim.

"Ke depannya atau secepatnya akan kita terapkan. Ini mimpi kita ke depannya agar bisa mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia," katanya.

(ady/ddn)