Minggu, 29 Mei 2011 10:59 WIB

Pemerintah Gandeng PT Inka Garap Mobil Khusus Petani

- detikOto
Jakarta - Tahun depan pemerintah akan mengeluarkan sebuah mobil khusus untuk alat angkut petani di pedesaan. Untuk itu, pemerintah pun menggandeng PT Inka sebagai pembuat mobil berharga murah ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Perindustrian MS Hidayat di Jakarta. "Mobil untuk petani dan pedesaan untuk program kluster 4. Ada bumn, ada Inka. Semua sedang bersinergi," ujarnya.

"Apakah itu mobnas Gea yang selama ini memang diproduksi oleh Inka?" tanya wartawan.

"Kita lagi mikir pakai nama apa. Mobil angkutan murah untuk petani di pedesaan kira-kira harganya Rp 55 juta, tapi mobil ini belum bisa diproduksi secara massal karena masih proses. Itu mungkin kita melibatkan PT Inka, BUMN. Supaya bikinnya enggak di Jakarta lagi," bebernya.

"Nanti kalau masuk Jakarta kita kena omel lagi sama Pak Foke (Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo)," kelakar Hidayat.

Targetnya persiapan pembuatan mobil murah untuk para petani pedesaan seperti desain akan rampung tahun ini. Sementara produksinya akan dimulai akhir tahun depan.

"Kalau sudah jadi modelnya akan kita pamerkan dulu," pungkasnya.

Mobil ini diharapkan akan bisa dijual dengan harga Rp 55 juta. "Kalau menciptakan mobil murah untuk para petani di pedesaan untuk sarana angkutan pedesaan kita sudah mampu. Tahun ini semua desainnya disiapkan, mudah-mudahan akhir tahun depan sudah bisa diproduksi," ungkap Hidayat.

"Kita lagi mikir pakai nama apa. Mobil angkutan murah untuk petani di pedesaan kira-kira harganya Rp 55 juta. Kalau sudah jadi modelnya akan kita pamerkan dulu," pungkasnya.



(syu/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed