Kamis, 24 Mar 2011 05:39 WIB

Mobnas Tawon Jadi Ikon Angkutan Pedesaan

- detikOto
Jakarta - Pemerintah saat ini sedang menggodok pelaksanaan proyek mobil murah untuk masyarakat pedesaan. Kementerian Perindustrian pun kabarnya berniat untuk menjadikan salah satu mobil nasional buatan orang asli Indonesia, Tawon sebagai ikon program tersebut.

"Strategi kami sekarang, kendaraan ini akan kami perkenalkan untuk di daerah terlebih dahulu dan untuk kalangan menengah ke bawah, baru nanti masuk kota," ungkap Direktur Pemasaran PT Super Gasindo Jaya, Dewa Yuniardi di arena JI Expo Kemayoran, Jakarta.

Saat ini mobil nasional tersebut sedang dipamerkan di pameran suku cadang dan kendaraan niaga yang saat ini berlangsung di JIExpo PRJ Kemayoran, Jakarta.

Saat pembukaan pameran, Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi sempat antusias melihat mobil karya anak bangsa ini.

Saat itu, Budi Darmadi secara seksama memperhatikan mobil nasional ini dan bahkan dia sempat mencoba menaiki dan mengabadikan mobil karya anak bangsa ini melalui kamera yang dibawanya.

"Tadi Budi Darmadi, Dirjen Industri Unggulan berbasis Teknologi, Kementerian Perindustrian mau jadikan kendaraan ini sebagai ikon kendaraan angkutan pedesaan, selain itu kendaraan ini juga bisa digunakan untuk koperasi dan kami sekarang sudah berani untuk ditawarkan untuk pribadi," imbuh Dewa lagi ketika ditemui Rabu (23/3/2011).

Seperti sering kali diberitakan, pemerintah melalui kementerian yang dipimpin oleh MS Hidayat sudah sejak beberapa waktu lalu menyiapkan sebuah proyek mobil murah. Mobil murah itu ditargetkan hanya akan berharga Rp 75-80 jutaan saja.

Bila melihat target harga yang ditetapkan pemerintah itu, kans Tawon untuk maju tentu sangat besar. Sebab harga jual Tawon masih tergolong sangat murah dan jauh berada di bawah target harga yang ditetapkan pemerintah tadi.

"Kalau untuk model Transformer kami beri harga Rp 42 juta, sedangkan untuk Tawon kami akan melepas dengan harga Rp 48 juta, namun ini masih off the road ya, karena untuk pajak disetiap daerah itu berbeda-beda," cetus Dewa.

Namun begitu, karena saat ini belum didukung oleh pemerintah, Dewa mengakui kalau produksi Tawon masih sangat kecil yakni hanya 50 unit perbulannya. Angka ini tentu sangat jauh dibanding produksi merek-merek mobil asing yang bisa mencapai ratusan atau bahkan ribuan unit per bulannya.

"Saat ini masih segitu, tetapi apabila permintaan pasar meningkat maka kami akan menambahnya. Karena mesin kami di pabrik mampu memproduksi kendaraan ini hingga mencapai 600 unit per bulan," ucap Dewa sambil tersenyum.

Lalu apakah keistimewaan mobil ini? Berikut spesifikasi lengkap mobnas Tawon.

Dimension & Weight
Overall Lenght 3.100 mm               
Overall Widht 1.400 mm              
Overall Height 1.720 mm               
Whellbase 1.800 mm               
Front Tread 1.220 mm               
Rear Tread 1.200 mm               
Ground Clearance 220 mm
Kerb Weight 400 kg
Gross Vehicle Weight 750 mm               
Kapasitas 5 orang

Performa

Kecepatan maksimum 90 km per jam
Radius putar 3,5 m

Mesin

664 cc 2 Silinder 4 langkah
Water-cooler
Valve Gear Overhead camshaft
Chain transmission
Bore 76 x 71 mm
Rasio kompresi 9:0:1
Daya maksimum 20,6 KW pada 5300 rpm

Suspensi

Steering Tee Rack
Frnt Suspension Multi link with stabilizer
Rear Suspension Lift Spring

Rem
Front             Disc
Rear            Kanvas

Ban 165/70 R13




(syu/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed