Yamaha Jupiter Z Jadi Motor Pertama Yamaha dengan Lampu Otomatis

- detikOto
Rabu, 09 Feb 2011 15:56 WIB
Jakarta - PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) baru saja memperkenalkan generasi terbaru Jupiter Z dengan fitur Automatic Headlight On (AHO) yang membuat lampu akan terus menyala ketika mesin dihidupkan.

Yamaha Jupiter Z facelift kini lebih baik dengan striping terbaru dengan warna atraktif. Yamaha pun cukup bangga dengan motor bebek satu itu. Sebab, Jupiter Z dengan fitur Automatic Headlight On (AHO). Di Yamaha istilah itu dinamakan Switch on, Light on atau disingkat Solo.

Fitur yang bila di kendaraan roda empat dinamakan Daytime Running Light ini diakui sebagai motor Yamaha pertama yang dipasarkan di Indonesia dengan menggunakan fitur tersebut. Sementara Suzuki sudah mengaplikasikan fitur ini di dua motor bebeknya yakni Titan dan Axelo.

Ini adalah buah dari UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dengan fitur ini, lampu utama motor akan otomatis langsung menyala ketika mesin motor dihidupkan.

"Dengan fitur itu artinya (Jupiter Z) ini jadi motor Yamaha di Indonesia pertama yang mengadopsi sistem ini," bangga General Manager Promotion and Motorsport PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), Paulus S Firmanto ketika dihubungi detikOto, Rabu (9/2/2011).

Berkat pengaplikasikan fitur tersebut, Paulus mengklaim Yamaha sebagai salah satu produsen motor di Indonesia yang senantiasa menciptakan kondisi aman bagi penunggang motor Yamaha dan pengguna motor merek lain.

"Ini membuktikan keseriusan kita dalam menerapkan safety riding," pungkasnya.

Untuk buritan, desain lampu juga diperbaruhi dengan desain tail light terbaru, sehingga gaya LED (LED look) atau menggunakan beberapa bola lampu kecil sehingga mirip dengan lampu LED lebih sedap dipandang. Sistem pengereman motor itu menggunakan disc brake pada depan dan tromol pada belakang.

Sementara untuk mesinnya, Yamaha tetap mempercayakan mesin 4 Langkah, 2 Valve SOHC, berpendingin udara yang sudah digendong Jupiter Z. Mesin ini memiliki diameter langkah 50,0 x 57,9 mm dan volume silinder 113 cc.

Dengan perbandingan kompresi 9,3 : 1, Yamaha Jupiter Z ini pun mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 6,6 kW di putaran 7.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 9,0 Nm di 4.000 rpm. Motor itu mampu berjalan hingga 44 km dengan hanya meminum 1 liter bensin saja atau 1:44 km. Harga Yamaha Jupiter Z meski dengan fitur Solo tetap berada di angka 14,6 jutaan. (syu/ddn)