Di 2011 Roda Dua Diprediksi Capai 8,4 Juta Unit

- detikOto
Minggu, 30 Jan 2011 10:46 WIB
Jakarta - Siapa yang menyangkal, bahwa Jakarta merupakan salah satu ibu kota yang sesak dipenuhi oleh jutaan pengendara. Ini yang membuat sepeda menjadi alternatif yang baik untuk masyarakat.

"Saya memperkirakan penjualan seluruh motor di Indonesia untuk tahun 2011 ini, bisa mencapai 8,4 juta unit untuk semua model yang ada,"kata Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sinduwinata, disela-sela peluncuran Suzuki Axelo di Hotel Peninsula, Jumat(28/1/2011).

Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) ini juga mengatakan, banyak yang menjadikan faktor pendukung yang bisa terwujudnya roda dua mencapai 8,4 juta unit di 2011 ini.

"Banyak faktor pendukung roda dua tetap diminati masyarakat. Salah satunya, kemacetan, selain itu pertumbuhan ekonomi. Oleh itu kita harus jaga suku bunga dan inflasi. Dan kendaraan roda dua sekarang bukan hanya kendaraan yang diminati di DKI, tetapi didaerah juga banyak peminatnya, ini yang menandakan perekonomian kita didaerah sudah meningkat," terangnya.

Gunadi juga memprediksi untuk kendaraan roda dua, model matik akan tetap diminati masyarakat. "Kalau matik kan lebih banyak ibu-ibu dan anak-anak muda. Tetapi underbone juga mempunyai karakter yang berbeda ini yang membuat model ini mempunyai pangsa pasar tersendiri. Jadi kita tidak akan bisa prediksi model mana yang lebih banyak untuk tahun ini," tambah Gunadi Sinduwinata.

(ddn/ndr)