Senin, 18 Jan 2010 12:25 WIB

Mesin Mobnas GEA Pakai EFI

- detikOto
Jakarta - Sudah tidak lama terdengar kiprahnya, mobil nasional GEA yang merupakan produksi PT INKA dan BBPT membawa kabar yang cukup menggembirakan di awal 2010.

2010 sepertinya akan menjadi babak baru bagi mobil tersebut, sebab mesin GEA diklaim bakal mengaplikasikan teknologi EFI (Electronic Fuel Injection).

"Di 2010 ini mesin GEA akan mengalami perubahan yakni akan menggunakan EFI," kata Koordinator RUSNAS Engine (Riset Unggulan Strategis Nasional) BPPT Dr. Nyoman Jujur ketika dihubungi detikOto.

Meski tidak tergolong baru sekali, namun pengaplikasian itu cukup mutakhir untuk kemajuan mobil nasional GEA untuk kedepannya.

Menurutnya, teknologi itu adalah babak baru bagi GEA yang diprediksi bakal mengangkat image salah satu mobil nasional tersebut di mata masyarakat Indonesia. "Diharapkan antusiasiasme masyarakat tinggi," harapnya.

Lebih dari itu tidak hanya dari sistem injektornya saja yang berubah, kapasitas mesin GEA yang dikembangkan oleh Rusnas engine BPPT tersebut juga akan mengalami peningkatan kapasitas mesin akibat bore up yang dilakukan BBPT terhadap mesin GEA.

"Perubahan kapasitas juga kita lakukan dengan tidak mengubah block dan head kita hanya nge-boring saja sehingga dari proses manufaktur mesin GEA tidak banyak berubah," ungkap Nyoman.

Rencananya pengaplikasian EFI hingga proses boring mesin GEA hingga tes performa mesin dan riset untuk menghilangkan getaran mesin GEA, Rusnas BBPT akan memakan waktu 6 - 8 bulan. "Hingga sampai bisa jalan akan memakan waktu 6 sampai 8 bulan kedepan," ucapnya.

Penggunaan EFI pada mesin biasanya akan membuat konsumsi bensin pada mobil lebih irit, karena pengaturan campuran bahan bakar lebih akurat dengan adanya sistem elektronik tadi.



(ikh/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed