Jumat, 28 Agu 2009 11:00 WIB

Ini Dia Wajah Baru GEA

- detikOto
Jakarta - Salah satu mobil hasil garapan anak bangsa Gulirkan Energi Alternatif (GEA) berubah wujud. Produsen mobil GEA mengubah eksterior GEA sehingga menampilkan sisi yang lebih berkarakteristik.

Seperti yang dijanjikan oleh Koordinator RUSNAS Engine (Riset Unggulan
Strategis Nasional) BPPT I Nyoman Jujur, mobil GEA kini tidak lagi seperti mobil Kancil.

GEA mengalami perubahan pada sisi eksteriornya sehingga bentuk New GEA lebih aerodinamis. Warna GEA pun sudah berubah, tidak menggunakan warna merah lagi melainkan menggunakan warna ungu. Bagian depan yakni grille pun mengalami perubahan.

"GEA baru saat ini lebih aerodinamis dan sekarang menggunakan warna ungu," cetus Nyoman beberapa waktu lalu.

GEA yang baru ini tetap menggunakan mesin berkapasitas 600 cc yang mampu mengeluarkan torsi hingga 31 Nm pada 2.000 rpm dan 11.5 kw pada 3.800 rpm.

Mesin dari RUSNAS engine tersebut sudah diakui kehandalannya. Terbukti mesin tersebut sudah diuji di balai pengujian BPPT di Serpong.

Selain itu konsumsi BBM mobnas ini tergolong sangat irit, dengan jarak 40 km mesin RUSNAS tersebut hanya menggunakan 1 liter BBG sama dengan konsumsi mesin sepeda motor 1 liter untuk jarak 40 km pada mesin 125 cc.

Keseriusan BPPT dan PT Inka untuk membangun mobnas GEA seperti akan terus
bergulir. Salah satu contoh, mobnas tersebut akan diproduksi sebanyak 2 mesin dalam 1 bulan sehingga 5 bulan kerjasama antara lembaga pemerintah dan PT Inka tersebut akan menghasilkan 10 mesin yang siap dipasarkan bila sertifikasi dari Dishub berjalan lancar.

Jika jadi dipasarkan mobil ini bakal dibanderol seharga Rp 40 juta saja.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed