Mobnas Esemka Hadir di Jakarta

Syubhan Akib, Muhammad Ikhsan - detikOto
Rabu, 20 Mei 2009 18:00 WIB
Jakarta -

Penampilan mobil nasional ini jauh berbeda dengan mobil-mobil nasional yang hadir sebelumnya, mobil nasional ini tampil hampir tanpa cela.

Mobil ini dibangun oleh generasi muda Indonesia yang sudah dapat merakit kendaraan hasil imajinasi sendiri.

Adalah murid SMK yang mewujudkan salah satu impian mobil nasional. Mobil nasional hasil kreasi mereka hadir dengan finishing dan tampilan yang sangat menawan.

"Ini adalah buah karya siswa-siswa SMK 1 Singosari Malang yang mereka kerjakan sendiri," jelas Kepala Sekolah SMK 1 Singosari Malang H. Bagus Gunawan, salah satu SMK yang berperan dalam pembuatan mobil nasional Esemka ini ketika berbincang dengan detikOto, Rabu (20/5/2009).

Mobil Esemka yang dibuat para siswa SMK ini memiliki 5 jenis yakni SUV, pick up double cabin, sedan, pick up single cabin, dan van.

SMK 1 Singosari Malang kebagian memproduksi pick up double cabin yang dinamakan Esemka Digdaya. Mobil lain dikerjakan oleh SMK lainnya.

Proyek pembuatan mobil yang didorong oleh Depdiknas ini menurut Bagus dikerjakan siswanya hanya dalam waktu singkat yakni hanya 3 bulan saja.

"Padahal semua pembuatan bodi dan finishingnya pun masih hand craft," ujarnya bangga.

Untuk mengerjakannya mobil pick up ini tidak kurang dari 50 siswa SMK Singosari Malang pun ikut dilibatkan dalam pembangunan mobil yang menghabiskan biaya sebesar Rp 175 juta ini.

Namun jangan remehkan mobil yang menggendong mesin eks Timor yang berkapasitas 1.500 cc ini.

Sebab menurut Bagus hasil pengerjaan anak didiknya tersebut sebenarnya layak disandingkan dengan hasil dari seorang profesional.

"Untuk kualitas finishing, mobil ini dapat diadu dengan mobil rakitan pabrik," ujarnya bangga.

SMK lain yang berperan dalam pembuatan mobil Esemka ini antara lain SMK Muhammadiyah 2 Borobudur, Magelang Yogyakarta, untuk bodi dan desainnya.

Kemudian mesin dikembangkan oleh SMK 4 Negeri jakarta, dan SMK 1 Cobinong.

"Mereka bekerja sama dengan PT AIKA (Autocar Industri Komponen)," ujar Staf Ditjen Pembinaan SMK Depdiknas Herdiana kepada detikOto.


(syu/ddn)