Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 06 Maret 2017, 13:43 WIB

Konsultasi: Knalpot MegaPro Ngebul

Andriyanto - detikOto
Konsultasi: Knalpot MegaPro Ngebul Foto: detikOto
Jakarta - Hallo detikOto, mohon solusinya, motor saya Honda MegaPro tahun 2005 standar. Saat motor dipanaskan tidak keluar asap, digeber juga tidak keluar asap. Tapi kenapa kalau motor sedang jalan kira 20 km, pas berhenti di lampu merah, ada asap keluar dari knalpt.

Asap itu hilang kalau gas digeber lagi. Saya sudah cek oli tiap servis hanya berkurang beberapa mL saja, saya cek busi bagus merah bata tanpa kerak,apa mungkin knalpot MegaPro saya kotor?
Terima kasih
Rionanto Arie Nugroho

Jawaban:

Halo mas bro Rionanto Arie Nugroho, salam detikOto,

Setelah membaca kronologis dari konsultasi Anda menurut analisa saya motor ngebul atau mengeluarkan asap setelah berjalan beberapa menit atau saat suhu mesin panas biasanya ini asapnya berwarna putih dan itu kemungkinan penyebabnya karena ada oli yang ikut terbakar di dalam silinder.

Umumnya penyebabnya bisa karena ring piston (ring oli) yang sudah mulai aus sehingga saat mesin mencapai suhu tertentu ring piston ini mengalami penurunan performa sehingga tidak bekerja lagi dengan sempurna al hasil ada oli yang menyusup masuk ke ruang bakar di atas piston dan ikut terbakar di ruang pembakaran. Efek lain pasti juga akan mengalami penurunan tenaga mesin karena masalah ini.

Kalau melihat usia motor yang sudah 11 tahun, rasanya ini wajar dan mungkin sudah perlu adanya pemeriksaan mesin khususnya bagian blok silinder & head cylindernya. Silakan di bawa ke bengkel AHASS kepercayaan Anda untuk pengecekan lebih lanjut agar mendapatkan solusi terbaik.

Demikian jawaban dari saya, semoga bermanfaat.
Andriyanto


(ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed