Senin, 25 Jan 2016 00:00 WIB

Mitsubishi Fuso Rajai Pasar Kendaraan Niaga di 2015

Advertorial - detikOto
Jakarta -

Tahun lalu, pasar kendaraan niaga merosot hingga 32% jika dibandingkan dengan tahun 2014. Berdasarkan data Gaikindo mengenai penjualan truk di Indonesia, volume unit kendaraan niaga yang berhasil terjual hanya berkisar di angka 82.456 unit saja. Namun hebatnya, dalam kondisi pasar kendaraan niaga yang tengah lesu, Mitsubishi tetap berhasil mencatat angka penjualan prima.

Mitsubishi dengan produk kendaraan niaganya yang telah menjadi pilihan utama sejak 45 tahun lalu, yaitu Mitsubishi Fuso berhasil mendominasi pangsa pasar sebesar 47%. Sebanyak 38.586 unit Mitsubishi Fuso berhasil terjual sepanjang tahun 2015 lalu.

Tidak hanya itu, pangsa pasar Colt Diesel di kelas light duty truck (LDT) juga ikut naik menjadi 54,8% di tahun 2015. Meningkat 0,7% dibanding dengan tahun sebelumnya. Kenaikan pangsa pasar juga dialami oleh Fuso di kelas medium duty truck (MDT). Tahun 2015 lalu, pangsa pasar Fuso MDT naik menjadi 23,8% atau meningkat 1,7% dibanding tahun sebelumnya.

Peningkatan volume penjualan yang cukup drastis terlihat pada produk New Fuso. Tahun 2015 lalu, volume penjualan New Fuso naik tajam hingga 54%. New Fuso berhasil memperoleh respon positif dari para pelaku usaha karena terbuktik kehandalannya dalam mendukung usaha. New Fuso didesain sebagai kendaraan niaga yang modern dan ekonomis sehingga pas untuk mendukung kemajuan usaha.

Dengan peningkatan volume penjualan tersebut, New Fuso juga menjadi produk yang berhasil mendongkrak pangsa pasar segmen MDT Mitsubishi. Berkat New Fuso yang diterima dengan positif oleh para pelaku usaha, pangsa pasar segmen MDT Mitsubishi naik menjadi 23,8% di tahun 2015, meningkat 1,7% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Mitsubishi Fuso berhasil mengokohkan posisi sebagai pemimpin pasar yang tidak tergoyahkan.

“Penurunan volume penjualan dirasakan oleh semua pelaku industri otomotif termasuk Mitsubishi. Tetapi kami tetap fokus memenuhi kebutuhan dan harapan para pelanggan agar tetap jadi andalan bisnis sejati sesuai tagline kami. Terbukti tahun 2015 kami berhasil jadi raja kendaraan niaga dengan share 47%,” ujar Duljatmono. Direktur Marketing Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) Division, KTB.

Kesuksesan Mitsubishi Fuso menguasai pangsa pasar tidak lepas dari penerapan strategi diferensiasi dengan melakukan investasi demi peningkatan kualitas produk. Investasi yang dimaksud adalah perbaikan layanan purna jual dengan menambah Part Depo dan Truck Center. Keduanya kini beroperasi dengan konsep zero downtime alias melayani non-stop selama 24 jam.

Selain itu, Mitsubishi Fuso juga terus menjaga hubungan baik dengan para pelanggan melalui customer visit, Fuso gathering dan truck campaign. Aktivitas tersebut dijalankan secara reguler dan telah sukses mempertahankan loyalitas pelanggan.

Tahun ini PT. Krama Yuda Tiga Berlian yang menangani penjualan Mitsubishi Fuso mentargetkan agar pangsa pasar terus naik hingga 50%. Target ini berlaku untuk jangka menengah. Selain itu, Mitsubishi Fuso juga diharapkan dapat terus menjadi pemimpin pasar kendaraan niaga di tahun-tahun berikutnya.

(adv/adv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed