detikOto

Deretan Mobil Baru Siap Meluncur di 2013

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Rabu, 02/01/2013 08:56 WIB

Deretan Mobil Baru Siap Meluncur di 2013 ilustrasi
Jakarta -Tahun baru mobil baru? Ah kenapa tidak, apalagi mobil di rumah sudah perlu diganti. Apalagi tahun 2013 ini mobil-mobil murah dan mobil nasional akan semakin memarakkan suasana. Berikut detikOto sajikan daftar mobil terbaru yang siap diluncurkan di 2013.

Dengan target penjualan yang ditetapkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia sebanyak 1,2 juta unit, pasar otomotif nasional akan semakin meriah.

1. Mobil Listrik Nasional

Setidaknya ada 4 tipe mobil listrik nasional yang digagas Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan. Yang sudah muncul ke ranah publik adalah Tucuxi (mobil sport), Elvi Ravi (angkot listrik), dan Ahmadi (city car).

"Presiden sudah memutuskan Mei 2013 merupakan launching mobil listrik nasional. Kira-kira tanggal 20 atau 22 Mei 2013," tutur Dahlan beberapa waktu lalu,

2. Mobil murah

Seiring dengan akan dikeluarkannya kebijakan Low Cost and Green Car di bulan Januari, Toyota Agya dan Daihatsu Ayla akan segera muncul. Bahkan kedua mobil ini sudah bisa dipesan di diler-diler Toyota dan Daihatsu.

Selain itu Suzuki dan Nissan juga sudah memastikan akan mengikuti program ini.

3. Peugeot

208

Pabrikan Prancis Peugeot sebenarnya sudah memperkenalkan hatchback 208 di IIMS 2012 lalu, namun karena menunggu setir kanan, mobil yang bodinya ramah lingkungan harus menunggu diluncurkan ke pasar Indonesia tahun ini

Peugeot 208 sendiri hadir sebagai pengganti Peugeot 207 dengan klaim lebih baik dan lebih ringan dari 207 lawas meski memiliki kesamaan wheelbase yakni 2.540 mm.

Di Eropa mobil tersebut bisa didapatkan dengan 2 pilihan mesin yakni Peugeot 208 1.000 cc VTi bertenaga 75 bhp dan 1.200 cc VTi 3 silinder bertenaga 100 bhp (menggantikan mesin 1.400 cc dan 1.600 cc bensin di 207) dalam 3 dan 5 pintu untuk pasar Eropa.

Dimensi Peugeot 208 lebih kecil daripada 207. Peugeot 208 hanya memiliki panjang 3.960 mm (lebih pendek 70 mm dari Peugeot 207. Sedangkan tingginya 1.492 atau lebih rendah 10 mm.

4. Honda

PT Honda Prospect Motor (HPM) setidaknya akan meluncurkan 2 model. Antara lain MPV Brio dan small SUV. Namun itu tergantung situasi Indonesia tahun depan.

Honda Jazz juga dikabarkan akan mengalami make over di tahun ini.

5. Suzuki

Tahun 2012 bisa dikatakan sebagai tahun keberuntungannya Suzuki Indonesia. Sebab penjualannya terus meningkat signifikan seiring diluncurkannya Ertiga. Untuk melengkapinya, Ertiga akan diluncurkan dengan varian transmisi otomatis dan double blower tahun ini.

6. Volkswagen

Pabrikan Jerman Volkswagen tahun depan bakal semakin agresif di Indonesia. Beberapa mobil yang disiapkan VW tahun ini antara lain VW up!, VW Amarok, VW Golf Mk7, VW Beetle Fender Edition, dan VW Tiguan


7. Proton

Proton nampaknya semakin serius menggeluti pasar otomotif di Indonesia. Di 2013 Proton menyiapkan 2 mobil terbarunya yang akan diluncurkan untuk masyarakat Indonesia. Di Januari 2013 Proton bakal meluncurkan Preve. Sedan yang memiliki tampang sporty ini bakal meramaikan pasar sedan di Indonesia. Meski market sedan di Indonesia kecil, Proton yakin Preve ini akan sukses di pasaran.

Selain Preve sedan, Proton juga kabarnya akan meluncurkan Preve versi hatchback ke Indonesia.

8. Chevrolet

Lawan Avanza, Xenia dan Ertiga yakni Chevrolet Spin akan dilahirkan oleh Chevrolet. Mobil yang diproduksi di Pondok Ungu, Bekasi.

9. Nissan

Selain mobil murah, Nissan juga dilaporkan akan melakukan facelift pada Grand Livina tahun ini. Selain itu Nissan juga akan meluncurkan GT-R yang sempat diperkenalkan di IIMS tahun lalu dengan banderolan harga Rp 2,2 miliar.

10. Mazda

Mazda menyiapkan 3 armada baru di Indonesia, seperti Mazda All-New BT-50 Pro dan Mazda Biante di paruh kedua 2012 dan Mazda All New Mazda 6 di 2013.

11. Tata Motors

Pabrikan India Tata Motors merupakan salah satu merek mobil yang paling ditunggu di Indonesia. Di akhir kuartal 1 tahun 2013, Tata Motors Indonesia berencana melakukan peluncuran produk dan mulai memasarkan produknya.

Yang pertama pastinya mobil termurah sejagat Nano yang rencananya dijual dengan harga Rp 90 jutaan. Disusul mobil-mobil komersial seperti Ace dan Super Ace.

12. KIA

Menghadapi persaingan yang ketat di 2013, KIA akan meluncurkan New Carens, Sorento, dan Rio

13. Mercedes-Benz

Pabrikan mobil mewah ini setidaknya akan membawa satu varian yang diproduksi di sini yakni M-Class

14. Jaguar Land Rover

Anda penasaran dengan salah satu mobil terkeren Jaguar F-Type. Jangan khawatir. Mobil satu ini bakal mengaspal di Indonesia tahun depan melalui PT Grandauto Dinamika (GAD) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Jaguar Land Rover di Indonesia.

Selain Jaguar, All New Range Rover rencananya akan dirilis pada Januari 2013 mendatang.

15. McLaren

Satu lagi pabrikan mobil sport mendatangi Indonesia. Setelah selama ini hadir lewat Importir Umum (IU), McLaren meresmikan kehadirannya di Indonesia.

McLaren di awal tahun 2013 akan membuka showroom di Pacific Place dan bengkel di kawasan Arteri Pondok Indah Jakarta. Apa saja mobil yang akan dibawa McLaren ke Indonesia? Tidak lain dua mobil performa terbaru McaLaren yakni 12C dan 12C Spider.

16. Changan

Pabrikan China Changan akan masuk ke Indonesia melalui Motor Image yang juga merupakan distributor merek Subaru. Untuk pertama Motor Image akan membawa kendaraan besar keluaran Changan terlebih dahulu. Setelah varian Small MPV dengan kapasitas 7 penumpang

17 .Porsche

Porsche akan merilis Cayenne Turbo S yang diklaim sebagai varian terbaik Cayenne. Varian Porsche Cayenne ini hanya ada dalam jumlah yang terbatas.

Porsche Cayenne Turbo S disokong mesin 4.800 cc V8 dan bisa mengeluarkan daya sampai 550 tenaga kuda dan torsi sebesar 750 N. Lebih besar dari Cayenne Turbo yang memiliki tenaga 500 kuda dan torsi 700 Nm. Angkanya serba 50 dari Cayenne Turbo standar.

Untuk berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya butuh 4,5 detik, lebih cepat 0,2 detik dari model standar. Kecepatan maksimumnya pun bertambah 5 km per jam menjadi 283 km per jam. Meski tenaga bertambah, Porsche mengklaim mobil ini konsumsi BBM-nya tetap irit di angka 11,5 liter untuk 100 km perjalanan.

Selain Cayenne, Porsche Macan juga merupakan salah satu varian SUV yang patut ditunggu.

18. Ferrari

F12berlinetta
Sebenarnya mobil ini diperkenalkan tahun lalu. Namun, untuk mendapatkan mobil dengan setir kanan para pecintanya ini harus lebih bersabar hingga setidaknya Maret 2013.

F12berlinetta merupakan mobil sport dengan mesin V12 generasi terbaru Ferrari. Mesin baru ini membuat F12berlinetta menjadi mobil sport dengan performa terbaik yang pernah diproduksi Ferrari.

Meski memiliki performa tinggi, namun konsumsi BBM mobil ini lebih irit 30 persen dibanding generasi sebelumnya. Konsumsi BBM-nya tercatat sebesar 15 liter untuk 100 km.

(ddn/ddn)
Baca Juga
Foto Video Terkait

Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close