Doddy Sudrajat Tabur Bunga di Bahu Tol Laka Vanessa Angel, Ini Bahayanya

Tim detikcom - detikOto
Senin, 13 Des 2021 17:25 WIB
Kontroversi Doddy Sudrajat
Doddy Sudrajat tabur bunga di lokasi kecelakaan Vanessa Angel Foto: Istimewa
Jakarta -

Doddy Sudrajat, ayah mendiang Vanessa Angel curi atensi warganet. Dia mendatangi lokasi kecelakaan anaknya di tol Jombang KM 672 untuk menabur bunga. Sebenarnya berhenti di jalan tol tak bisa sembarangan lho.

Dalam instagram storiesnya, Doddy Sudrajat tampak duduk jongkok di dekat pembatas tol dan di sampingnya ada bunga-bunga yang bakal ditabur.

Doddy berdoa sembari menaburkan bunga di lokasi kecelakaan keluarga artis Vanessa Angel pada Minggu (12/12) sekitar pukul 16.37 WIB. Yaitu di bahu jalan KM 672.400A Astra Tol Jombang-Mojokerto (Jomo).

Lebih dari 5 orang di lokasi saat itu. Rombongan ayah mendiang Vanessa Angel tersebut mengendarai mobil SUV berwarna hitam. Mobil itu diparkir di bahu jalan tol, yakni di sisi kiri jalur Nganjuk-Surabaya.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, penggunaan jalan tol diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 15 tahun 2005. Di dalamnya disebutkan dilarang berhenti karena termasuk dalam jalan bebas hambatan.

"Seyogyanya untuk kegiatan di bahu jalan harus mendapatkan ijin dari pihak terkait (BUJT dan kepolisian) untuk mendapatkan pengamanan sehingga lalu lintas tidak terganggu dan dapat berjalan lancar," kata Danang kepada detikcom, Senin (13/12/2021).

Lebih lanjut Praktisi Keselamatan Berkendara, yang juga Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sonny Susmana mengatakan penggunaan bahu jalan tol hanya boleh digunakan untuk kendaraan darurat seperti mobil rusak, kecelakaan lalu lintas dan lain-lain.

"Bahu jalan memang salah satunya tempat berhenti, tetapi hanya kendaraan yang rusak/bermasalah. Itu pun harus dilengkapi segitiga pengaman, lampu hazard dan penumpang menjauh dari kendaraannya," kata Sony beberapa waktu yang lalu.

Menurut Sony, berhenti di bahu jalan sangat berbahaya. Sebab, bahu jalan berdekatan atau bahkan bersebelahan dengan kendaraan yang paling kiri dengan kecepatan minimal 60 km/jam.

"(Ketika sopir kendaraan paling kiri) lengah, ngantuk, selip sedikit bisa menghantam kendaraan yang berhenti di bahu jalan," sebutnya.

"Kita nggak boleh yakin tidak tertabrak, sekalipun di bahu jalan," sambungnya.

Pengelola tol bantah dampingi rombongan Doddy

Operator Astra Tol Jombang-Mojokerto (Jomo) membantah memberi pendampingan terhadap Doddy Sudrajat saat tabur bunga di lokasi kecelakaan Vanessa Angel. Petugas patroli tol sebatas mengamankan jalur lantaran rombongan ayah Vanessa nekat berhenti di bahu jalan yang bisa memicu kecelakaan.

"Kan banyak yang ngomong didampingi, dikawal dan sebagainya. Sebenarnya bukan seperti itu. Kami melakukan pengamanan," kata Humas Astra Tol Jomo Dela Rosita kepada detikcom, Senin (13/12/2021).

Dela menjelaskan petugas patroli Astra Tol Jomo rutin memeriksa jalur setiap 30 menit. Saat itu, petugas patroli yang berjumlah dua orang melihat mobil berhenti di bahu jalan tol KM 672.400A.

"Kami tidak tahu sudah berapa lama mereka di situ. Saat petugas patroli kami datang, mereka sudah memvideokan, sudah berlangsung tabur bunga seperti yang viral itu," terang Dela.



Simak Video "Disebut Cerai Settingan, Doddy Sudrajat dan Puput Sudah Cekcok Sejak 2018 "
[Gambas:Video 20detik]
(riar/riar)