4 Cara Cek Pajak Kendaraan DKI Jakarta via Samsat Online

Abu Ubaidillah - detikOto
Jumat, 05 Feb 2021 22:30 WIB
Ilustrasi cek pajak kendaraan Jakarta
Ilustrasi cek pajak kendaraan Jakarta/Foto: iStock
Jakarta -

Cek pajak kendaraan pelat B atau DKI Jakarta bisa dilakukan secara online melalui situs website, SMS, dan aplikasi. Pemilik kendaraan bermotor pun tak perlu repot-repot datang ke kantor polisi.

Layanan ini tentu memudahkan pemilik kendaraan bermotor untuk mengetahui nominal pajak kendaraan yang harus dibayarkan. Hanya bermodal hp atau laptop, pemilik kendaraan bermotor bisa mengecek pajak yang harus dibayarkan.

Berikut adalah cara cek pajak kendaraan bermotor, baik mobil atau motor di DKI Jakarta secara online dilansir dari situs Bapenda Jakarta.

Website

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyediakan layanan pengecekan pajak kendaraan bermotor secara online. Layanan ini dikembangkan oleh Tim Aplikasi Samsat PKB-BBNKB Diskominfotik Pemprov DKI Jakarta.

Melalui website, pemilik kendaraan berpelat B baik motor atau mobil dapat mengecek nominal pajak yang harus dibayarkan. Cara mengeceknya pun cukup mudah, beirkut langkah-langkahnya.

1. Masuk ke laman https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/.

2. Masukkan nomor polisi dan nomor induk kependudukan (NIK).

3. Selanjutnya klik proses.

4. Laman Samsat akan menunjukkan detail info nominal pajak yang harus dibayarkan.

SMS

Pengecekan biaya pajak kendaraan pribadi juga dapat dilakukan dengan mengirim SMS ke 8893. Caranya cukup ketik INFO (spasi) RANMOR (spasi) lalu lintas tulis nomor kendaraan lengkap dan kirim ke 8893.

Tunggu SMS balasan dari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Setelah itu pemilik kendaraan akan mendapatkan informasi berupa merek, tipe, warna, masa berlaku STNK, hingga jatuh tempo perpanjangan STNK kendaraan.

Kode USSD

Selain melalui SMS, pengecekan detail informasi kendaraan hingga pajak dapat dilakukan melalui panggilan kode USSD (unstructures supplementary service data). Caranya ialah ketik *368*1# dan tekan tombol telpon.

Adapun langkah-langkah detailnya dapat mengikuti panduan berikut.

1. Tekan *368*1# dari ponsel.

2. Akan ditampilkan sejumlah menu layanan informasi, pilih 2. Info Pajak Ranmor.

3. Setelah itu masukkan nomor kendaraan Anda dengan lengkap tanpa menggunakan spasi.

4. Jika sudah, klik OK/Kirim, maka pemilik kendaraan akan mendapat informasi detail kendaraan dan pajaknya.

Aplikasi

Mengecek pajak kendaraan bermotor juga dapat dilakukan melalui aplikasi Android di Play Store. Aplikasi tersebut bernama Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta yang dapat diunduh secara gratis.

Untuk cara mengeceknya hampir sama dengan metode melalui website, yaitu cukup memasukkan nomor kendaraan dan nomor induk kependudukan (NIK). Aplikasi akan mencari data dan bila sesuai, maka akan menampilkan data info kendaraan hingga pajak yang harus dibayar.



Simak Video "Menkeu Sri Mulyani Tolak Beri Pajak Mobil Baru 0 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)