Minggu, 07 Jun 2020 12:32 WIB

4 Tips Sederhana Agar Mobil Aman dari Pencuri

Abu Ubaidillah - detikOto
Ilustrasi Pencurian Mobil Ilustrasi pencurian mobil. Foto: shutterstock
Jakarta -

Mobil bisa dicuri siapa saja dan di mana saja, entah itu di tempat parkir, kampus, kantor, maupun rumah sekalipun. Risiko mobil tercuri semakin besar bila mobil diabaikan atau ditempatkan di lokasi yang jarang dilintasi orang.

Oleh karena itu, Anda harus selalu berhati-hati ketika memarkirkan mobil. Ada juga perlu memperhatikan tips-tips yang dapat mengamankan kendaraan Anda agar tetap aman dan terbebas dari tindak pencurian seperti yang dilansir dari the Allstate Blog berikut:

1. Parkirkan mobil di area yang terang
Hindari parkir di tempat yang penerangannya buruk atau tempat-tempat yang tidak terlihat langsung oleh orang yang lewat. Parkir di area yang terang adalah pilihan terbaik, sebab pencuri mungkin akan terganggu jika mereka tahu kalau mereka diperhatikan orang-orang.

2. Jangan meninggalkan barang berharga di dalam mobil
Beberapa hal yang menarik untuk pencuri mobil adalah adanya barang-barang berharga seperti dompet, ponsel, atau barang bernilai tinggi lainnya di dalam mobil. Bila bepergian namun tidak ingin membawa barang-barang berharga tersebut saat keluar dari mobil, sebaiknya tinggalkan di rumah saja.

3. Jangan lupa kunci pintu mobil
Mengunci pintu menjadi langkah terpenting untuk mencegah mobil dari tindak pencurian. Biasakanlah untuk mengunci mobil meski di samping mobil Anda ada satpam yang berjaga sekalipun.

4. Pasang sistem alarm pada mobil
Sistem alarm yang dapat didengar juga perlu dipasang. Sistem ini akan berbunyi jika ada orang yang berusaha masuk ke mobil Anda sehingga mengundang perhatian orang dan membuat mereka membantu mengusir si pencuri kala Anda sedang tidak berada di sekitar area mobil diparkirkan.

Itulah beberapa tips yang perlu Anda lakukan untuk menghindarkan mobil dari pencuri. Selain itu, agar mobil tetap aman terhindar dari risiko pencurian maupun kerusakan lainnya, Anda bisa mendaftarkan asuransi kendaraan yang menanggung berbagai risiko kehilangan atau kerusakan kendaraan.

Contohnya seperti asuransi dari Mega Insurance (Mega Kendaraan) yang memiliki benefit TLO atau comprehensive (all risk) dan juga dapat ditambahkan dengan jaminan risiko bencana alam (angin topan, gempa bumi, tsunami, gunung berapi), huru hara, terorisme & sabotase dan atau kecelakaan diri pengemudi maupun penumpang.

(ega/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
d'Rooftalk
×
Penemuan Rp 500 Juta di KRL
Penemuan Rp 500 Juta di KRL Selengkapnya