Jumat, 21 Feb 2020 06:51 WIB

Manasin Mobil Setiap Pagi, Masih Zaman?

Luthfi Anshori - detikOto
Ilustrasi Mesin Mobil Memanaskan mesin setiap pagi, perlukan dilakukan? (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Mungkin masih ada di antara detikers yang rutin memanaskan mesin mobil di pagi hari. Tapi menjadi pertanyaan, masih perlukah melakukan kebiasaan tersebut di mobil-mobil keluaran terbaru?

Melansir dari laman Auto2000, mobil-mobil produksi terbaru tidak perlu rutin dipanaskan setiap hari. Sebab mobil masa kini sudah dilengkapi banyak teknologi canggih yang dibuat untuk memudahkan si pemilik.

"Jadi mobil sekarang itu sudah tidak lagi menggunakan karburator, tidak perlu ada pemanasan lagi sebelum mulai aktivitas," kata Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, Sapta Agung Nugraha.

Mobil zaman sekarang sudah banyak yang menggunakan teknologi injeksi. Mobil dengan sistem pengabutan bahan bakar injeksi sudah didukung oleh sistem kontrol dengan komputer. Jadi tidak perlu lagi ada pemanasan, apalagi sampai digeber.

Selain dibekali teknologi injeksi, mobil zaman sekarang juga sudah valve adjuster, yang secara fungsi untuk menahan oli agar tidak langsung turun ke carter atau bak penampungan.

Sehingga ketika mesin bekerja, oli bisa langsung melumasi bagian mesin. Beda dengan mobil keluaran lama yang memang harus dipanasi mesinnya agar sistem pelumasan tersebar ke seluruh komponen.

Tak hanya itu, mesin mobil sekarang juga sudah didukung oleh sensor, seperti temperatur lingkungan dan temperatur oli.

"Sehingga komputer bisa langsung menghitung campuran bahan bakar yang tepat untuk bisa menghidupkan mesin. Itulah kenapa mobil 'zaman now' tidak perlu dipanaskan dulu mesinnya sebelum mulai jalan," pungkasnya.



Simak Video "Wanita Brasil Ini Jualan Tanaman Pakai VW Kodok"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com