Kamis, 17 Jan 2019 20:18 WIB

Ingat! Jangan Tonton Debat Perdana Capres 2019 Saat Berkendara

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Hari ini (17/1/2019) tepatnya pada pukul 20.00 WIB diselenggarakan debat capres 2019 yang membahas tentang hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Sorak sorai para pendukung sudah mulai terdengar. Tak sedikit juga yang langsung beranjak pulang supaya tak ketinggalan tontonan seru tersebut.

Namun perlu diperhatikan khususnya untuk Otolovers yang tidak bisa pulang cepat, jangan pernah menonton debat ketika berkendara, ya. Sebab hal tersebut akan membahayakan diri sendiri dan orang lain. Terlebih jika daerah perkantorannya padat kendaraan.


"Dengan adanya event debat ini, tentu merupakan suatu hal menarik untuk masyarakat Indonesia. Bila kita menyaksikannya duduk di kantor atau di rumah, itu biasa. Masalahnya, dengan perkembangan sekarang, akses untuk menonton supaya tak ketinggalan acara tersebut sudah mudah. Cukup buka handphone atau televisi di mobil," ucap Jusri Pulubuhu selaku Pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) kepada detikOto di Jakarta, Kamis (17/1/2019).

"Nah tingkah laku seperti ini, saya ingatkan lagi, hindari! Karena pada saat berkendara, kita tidak boleh membagi konsentrasi atau perhatian dengan hal lain. Jangan melihat suatu acara (dalam hal ini debat capres 2019 perdana) ketika sedang mengoperasikan kendaraan," lanjutnya.

Meskipun kendaraan sedang berhenti karena lampu lalu lintas atau macet yang cukup panjang, kata Jusri lagi, jangan pernah curi-curi untuk mengalihkan fokus berkendara.


"Bila berbicara dalam konteks safety driving/riding, ketika kita memutuskan untuk mengemudikan kendaraan ya harus fokus terhadap keselamatan dan rambu-rambu yang ada. Harus tanggung jawab 100 persen terhadap tugas-tugas kita selama mengemudi. Jangan membagi konsentrasi dengan hal lain," paparnya.

Justri menyarankan, bila memang tidak ingin tertinggal acara debat perdana tersebut, relakan untuk pulang terlambat. Atau, bisa juga untuk meninggalkan pekerjaan lebih cepat.

"Tapi jangan tergesa-gesa, karena ini pasti mempengaruhi keselamatan berkendara juga. Saya tekankan lagi, jangan mengalihkan perhatian ke hal-hal lain ketika berkendara," tegas Justri.


Pada 17 Januari hari ini para calon Presiden dan Wakil Presiden akan kembali mendebatkan isu tentang hukum dan hak asasi manusia (HAM) sebagai rangkaian dari agenda Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Tujuan utama diselenggarakannya debat adalah untuk menguji penguasaan kandidat terhadap permasalahan bangsa terutama tentang hukum dan HAM, bukan hanya sekadar ajang meningkatkan elektabilitas.

Acara debat perdana ini akan dimulai pada pukul 19.00 WIB, di mana debat direncanakan mulai pukul 20.00 WIB. (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed