Sabtu, 05 Jan 2019 11:26 WIB

Tips Sederhana Rawat Kendaraan untuk Driver Online

Nabilla Nufianty Putri - detikOto
Driver Grab Foto: Rifkianto Nugroho Driver Grab Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Agar oderan lancar, motor atau mobil yang digunakan driver transportasi online harus dalam kondisi prima. Repot kan kalau nanti tiba-tiba di jalan mogok?

Untuk itu, perlu adanya perawatan agar mesin kendaraan selalu terjaga performanya. Apalagi driver online menggunakannya setiap hari.

Dilihat dari Youtube Grab Indonesia, ada beberapa tips mudah yang bisa driver online lakukan untuk merawat kendaraannya. Berikut ini di antaranya.


Pertama, panaskan kendaraan selama lima menit sebelum jalan. Memanaskan kendaraan ditujukan untuk menghindari terjadinya korosi atau karat pada mesin. Kedua, cek kilometer dan rutin ganti oli secara berkala. Mengganti oli secara berkala dapat menjaga performa mesin.

Ketiga, cek tekanan ban dan busi. Tekanan ban yang pas dapat memperlancar perjalanan. Selain itu kalau ban kekurangan angin, beban mesin akan bertambah dan konsumsi bahan bakar jadi lebih boros.

Sementara busi berfungsi untuk pembakaran dalam mesin kendaraan. Jadi kalau kotor motor atau mobil akan mogok. Enggak mau kan, tiba-tiba mogok di tengah perjalanan?


Kemudian ini yang paling utama. Pastikan tangki bensin terisi ya. Selain agar kendaraan dapat berjalan, sering mengosongkan tangki bensin berbahaya juga untuk performa kendaraan.

Efek negatifnya bagian dalam tangki akan rawan karatan. Kalau sudah begitu, akan sangat mudah diendapi oleh kotoran yang timbul dari karat yang terkelupas tersebut. Kotoran yang timbul mau tidak mau akan tersedot fuel pump alias pompa bensin. Akhirnya, semprotan bensin ke ruang bakar terhambat dan motor akan sering ngadat. (prf/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed