Rabu, 26 Des 2018 14:36 WIB

Bahaya Bawa Barang Berlebih di Mobil Saat Mudik Akhir Tahun

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Arbi Anugrah/detikcom Foto: Arbi Anugrah/detikcom
Jakarta - Bagi Otolovers yang melakukan perjalanan cukup jauh atau mudik saat liburan Natal dan tahun baru 2019, jangan abaikan batas muatan kendaraan ya. Sebab bila mobil dibebankan oleh muatan yang cukup berat akan membahayakan diri sendiri dan juga orang lain.

Jusri Pulubuhu selaku Pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan bahwa beban yang berat di kendaraan mengakibatkan berbagai hal. Biaya bahan bakar yang lebih banyak, misalkan.

"Karena berat, mesin akan bekerja lebih besar dari biasanya sehingga mobil menjadi boros bahan bakar. Lalu beratnya muatan akan mempengaruhi radius putar mobil," katanya kepada detikOto di Jakarta, Rabu (26/12/2018).


"Jarak pengereman juga akan berubah. Jika momentum hilang atau berubah, akan berbahaya," lanjut Jusri.

Beratnya muatan di kendaraan juga tentu akan membuat beberapa bagian menjadi lebih cepat habis. "Beberapa part juga akan cepat rusak dan diganti. Jadi secara ekonomi, membawa barang berlebih malah merugi. Belum lagi ada risiko kriminal," kata Jusri.

Oleh sebab itu, ia menyarankan agar barang-barang tadi dibawa terpisah seperti dikirim.

"Kalau memang barang tadi ingin dipakai saat sampai tempat tujuan, alangkah baiknya dikirim saja daripada dibawa sendiri," tutup Justri. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed