Sabtu, 03 Nov 2018 10:53 WIB

Pilih Oli, Percaya Rekomendasi Bengkel atau Buku Manual?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ganti oli dan pengecekan kualitas oli. Foto: Newspress Ganti oli dan pengecekan kualitas oli. Foto: Newspress
Jakarta - Pelumas merupakan cairan penting untuk kendaraan bermotor. Untuk menunjang performa, pemilik kendaraan harus memilih pelumas yang tepat.

Kerap kali pemilik kendaraan lebih mempercayakan mekanik di bengkel untuk memilih pelumas yang tepat untuk kendaraannya. Namun, terkadang mekanik bengkel malah merekomendasikan pelumas yang tidak sesuai kebutuhan spesifikasi kendaraannya.

Direktur Sales & Marketing PT Pertamina Lubricants, Andria Nusa, menyebut kesadaran konsumen untuk tahu pelumas yang tepat untuk kendaraannya masih kurang. Padahal, hal itu cukup penting.



"Pertama dia harus lihat buku manual (kendaraan) dulu, di sana ditulis API apa kemudian SAE-nya apa. Nah itu jarang dilihat," kata Andria.

Andria pernah mengunjungi salah satu bengkel terkenal dan mekaniknya merekomendasikan pelumas. Namun, pelumas yang direkomendasikan mekanik bengkel itu malah tidak cocok.



"Itu orang mekaniknya aja nggak tahu. Malah saya direkomendasikan pelumas yang nggak sesuai kebutuhan spesifikasi. Mobil saya butuhnya API dan SAE sekian, direkomendasikan malah di bawahnya. Dia bilang ini cocok, padahal di buku manual mobil saya tidak sesuai rekomendasi," cerita Andria.

"Nah ini yang perlu diedukasi, karena banyak konsumen yang percaya-percaya saja sama mekanik bengkel," sambungnya.

Untuk itu, dalam menentukan pelumas yang tepat, sebaiknya Otolovers membuka buku manual kendaraan terlebih dahulu. Di sana tertera kendaraan Anda membutuhkan pelumas dengan spesifikasi yang seperti apa. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed