Pilih Oli yang Pas untuk Kendaraan, Perhatikan Ini

Rizki Pratama - detikOto
Minggu, 02 Sep 2018 13:15 WIB
Pilih Oli yang Pas untuk Kendaraan, Perhatikan Ini
Foto: Rachman Haryanto

Jika Anda membaca dan memperhatikan pada kemasan oli ada tulisan kode huruf dan angka seperti ini: 10W-40 API service SL/JASO MA2. Maksud kode-kode tersebut merupakan "sertifikat" dan keterangan yang diberikan oleh perusahaan pembuat oli tersebut. Sertifikat terhadap kualitas oli secara internasional beragam, namun yang umumnya sering dipakai sebagai standar oli di dunia adalah API dan JASO.

API adalah American Petroleum Institute, sebuah lembaga yang menguji dan memeriksa kualitas oli di negara-negara Eropa dan Amerika dan umumnya standar API sudah dimiliki oleh hampir seluruh merek oli. API Service biasanya menggunakan inisial S untuk bensin dan C untuk solar.

Adapun huruf yang mengikuti di belakangnya merupakan tingkatan (grade) dari oli tersebut. Contoh: SA, SB, SC, SD, SE, SF, SG, SH, SJ, SL (bensin) CA, CB, CF, CH, CH4 (solar). Semakin jauh abjad yang mengikutinya, semakin bagus kualitas oli tersebut dan telah memenuhi syarat oli sebelumnya. Dengan kata lain kendaraan bensin saat ini dianjurkan menggunakan oli dengan grade SH ke atas bahkan sudah di SN series.

Sedangkan JASO (Japanese Automotive Standar Association) adalah lembaga di Jepang yang mengecek dan menguji kualitas oli untuk kendaraan yang diproduksi Negeri Sakura ini. Jepang mengeluarkan standar ini karena karakteristik mesin dan kendaraan buatan Eropa dengan kendaraan buatan Jepang berbeda. Motor-motor buatan Jepang umumnya menggunakan kopling basah sedangkan kendaraan buatan Eropa menganut sistem kopling kering yang artinya tidak terendam oli. Maka dari itu kendaraan buatan Eropa cukup dengan sertifikasi API sedangkan kendaraan buatan Jepang selain sertifikasi API wajib memiliki sertifikasi JASO.