5 Mitos Pelumas Kendaraan, Mana yang Hoax?

Rizki Pratama - detikOto
Kamis, 30 Agu 2018 09:06 WIB
5 Mitos Pelumas Kendaraan, Mana yang Hoax?
Foto: PT Pertamina Lubricants

Pernahkah Anda menggunakan atau tertarik untuk menggunakan oli mobil diesel untuk mobil bensin Anda? Bila ini pernah dilakukan atau ingin anda lakukan, sebaiknya jangan.

Menggunakan oli mobil diesel untuk pelumas mobil bensin Anda bukan merupakan pilihan oli mesin terbaik untuk mobil Anda. Sayangnya, hal ini masih banyak dilakukan oleh pemilik mobil di Indonesia. Entah darimana anggapan penggunaan oli mobil untuk mobil bensin atau bahkan motor berasal, yang pasti hal tersebut masih menjadi salah kaprah yang terjadi di masyarakat.

Bahan bakar mesin diesel berbeda dengan mobil bensin atau motor, jelas sekali dari pembuatan bensin lebih dahulu di dapatkan dibandingkan solar. Nilai residu sulfur akan lebih banyak di solar, dan salah satu musuh oli adalah sulfur. Oleh karena itu itu oli mesin diesel additive oil untuk TBN, Detergent & Dispersan lebih banyak. Jika dipakai di mobil bensin atau motor, memang lebih bersih dimesin, tetapi keausan mesin akan lebih cepat karena tingkat cleanliness lebih tinggi oil diesel karena TBN yang lebih tinggi.

Bagaimana otolovers? Masih percaya dengan mitos tadi? Semoga informasi ini bisa meningkatkan pengetahuan anda dan bermanfaat untuk anda dalam memelihara kendaraan.



(ddn/ddn)