Senin, 11 Jun 2018 09:33 WIB

Lihat Jalanan Lengang Jangan Langsung Geber Gas

Dina Rayanti - detikOto
Suasana tol jalur mudik. Foto: Istimewa Suasana tol jalur mudik. Foto: Istimewa
Jakarta - Kemacetan horor di jalur mudik, belum banyak ditemukan pada musim mudik 2018 ini. Banyak jalur mudik yang masih terlihat lengang tak seperti tahun-tahun sebelumnya.

Namun, bukan berarti jalanan lengang pemudik bisa santai. Justru harus tetap diwaspadai. Jalanan lengang itu memang memungkinkan para pemudik untuk menggeber gasnya dalam-dalam. Tapi harus tetap hati-hati ya.



"Ketika arus lancar bahkan memungkinkan para pengemudi bisa ngebut. Ini akan menjadi black spot," ungkap Dirkamsel Korlantas Polri, Brigjen Chrysnanda Dwilaksana, Senin (11/6/2018).

Ia pun mengingatkan agar para pemudik bisa mengendalikan kecepatannya saat jalanan sedang lengang. Nah Otolovers, jalanan lengang ini juga bisa berpotensi menimbulkan microsleep.

Microsleep adalah tertidur secara tiba-tiba saat kita melakukan pekerjaan yang monoton, termasuk saat berkendara mudik.

Untuk menghindari hal ini, pemudik disarankan untuk beristirahat setiap empat jam sekali untuk tetap menjaga stamina tubuhnya.



"Manajemen kecepatan juga perlu dilakukan walaupun masih manual dengan rambu-rambu kecepatan sementara atau dengan berbagai imbauan di rest area. Sudah ada korban meninggal dunia di Tol Cipali tadi pagi," jelasnya.

Microsleep saat berkendara memang sangat berbahaya. Saat kita terserang microsleep, banyak hal bisa terjadi selama kurun waktu dan jarak tersebut. Yang paling sering terjadi adalah mobil pindah jalur tanpa disadari. (dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed