Rabu, 20 Des 2017 13:52 WIB

Ingat, Kopi Bukan Obat Kantuk Saat Nyetir

M Luthfi Andika - detikOto
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Liburan akhir tahun sudah di depan mata, berbagai rencana untuk menyambut liburan pasti sudah direncanakan Otolovers. Salah satunya mungkin jalan-jalan naik kendaraan tersayang.

Nah buat Otolovers yang ingin melakukan touring baik menggunakan motor atau mobil, harus terus mengutamakan keselamatan di jalan ya. Selain harus mengindahkan aturan lalu lintas, istirahat selama perjalanan juga menjadi hal penting. Serta jangan pernah mengandalkan kopi agar mata terus terjaga ya, karena itu berbahaya.

"Tips perjalanan jauh, pengendara harus merencanakan jauh-jauh hari terlebih dahulu, mereka (pengendara) harus punya manajemen perjalanan yang rapi, motor harus dalam keadaan sehat, pengendara sehat. Selain itu pengendara juga harus memiliki jalan alterrnatif, jika jalan utama mengalami kemacetan," kata Instruktur Safety Driving di Rifat Drive Labs, Andry Berlianto kepada detikOto.

Andry menjelaskan pengendara harus membatasi perjalanan paling lama 10 jam. Serta harus istirahat setiap 2 jam sekali.

"Perjalanan jauhnya seperti apa? Baik pengendara motor dan mobil harus membatasi perjalanan 10 jam dalam satu hari. Tapi disarankan dari aspek keselamatan, setiap 3 jam harus istirahat. Karena badan sudah capek. Sehingga 3 jam perjalanan harus istirahat, karena mata kita sudah capek, melakukan peregangan badan agar lebih segar baru memulai perjalanan lagi," ujarnya.

"Dari sisi kesehatan kopi juga tidak disarankan, apalagi kopi instan, atau minuman energi drink. Karena ini memaju daya denyut jantung dan tidak tercover oleh tidur (tidak mengurangi kantuk-Red)," tambahnya.

Ingat Kopi Bukan Obat Kantuk Saat NyetirFoto: Mindra Purnomo



(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Toyota Sienta Lebih Laris di Luar Negeri

    Toyota Sienta Lebih Laris di Luar Negeri

    Sabtu, 26 Mei 2018 20:08 WIB
    Sienta lebih laris terjual di pasar luar negeri dibanding domestik. Tercatat angka impor Toyota Sienta mencapai 2.500 unit periode Januari hingga April 2018.
  • 5 Langkah Aman Bermotor saat Puasa

    5 Langkah Aman Bermotor saat Puasa

    Sabtu, 26 Mei 2018 13:14 WIB
    Berkendara saat sedang puasa memang berpotensi mengalami dehidrasi bahkan bisa mengurangi konsentrasi berkendara. Untuk mengatasi itu, ini beberapa tipsnya.
  • Etios Edisi Spesial untuk Afrika Selatan

    Etios Edisi Spesial untuk Afrika Selatan

    Sabtu, 26 Mei 2018 11:15 WIB
    Di Indonesia Toyota Astra Motor (TAM) menyudahkan penjualan Etios. Tapi di beberapa negara, mobil itu masih menjadi andalan. Salah satunya di Afrika Selatan.