Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 30 November 2017, 16:34 WIB

Hujan Datang, Perhatikan Jarak Pengereman Saat Berkendara

M Luthfi Andika - detikOto
Hujan Datang, Perhatikan Jarak Pengereman Saat Berkendara Jalan basah akibat hujan (Foto: detikcom)
Jakarta - Siap tidak siap hujan bisa datang kapan saja. Buat Otolovers yang kerap berkendara tentu harus lebih berhati-hati saat hujan datang. Salah satunya harus lebih memperhatikan jarak pengereman.

Karena di saat hujan jarak pengereman menjadi faktor penting untuk bisa menghindari kecelakaan yang bisa merugikan kita sebagai pengendara atau pengendara lainnya.

"Baik mobil dan motor, saat hujan datang, yang perlu diperhatikan lainnya jarak pengereman. Karena lintasan permukaan kurang traksi karena basah, sehingga jarak pengereman jadi panjang. Mobil akan selip dan ini semua harus diantisipasi dengan mengurangi kecepatan seperti jalanan kering dan menjaga jarak pengereman," kata Instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu kepada detikOto, Kamis (30/11/2017).



Jusri menambahkan, yang tidak kalah penting saat hujan datang, pengendara juga harus memperhatikan sistem kelistrikan pada kendaraan.

"Kabel yang sobek bisa dibungkus atau diganti. Sedangkan untuk soket-soket yang kendur bisa diperketat," ujarnya.

Nah ingat ya Otolovers, kondisi hujan dan kondisi jalanan kering itu memang sangat berbeda. Jadi harus terus lebih hati-hati saat berkendara ya. (lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed