Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 17 Feb 2017, 11:00 WIB

Mau Tahu Berapa Kemampuan Mendaki Truk? Ini Caranya

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Mau Tahu Berapa Kemampuan Mendaki Truk? Ini Caranya Foto: M Luthfi Andika
Jakarta - Salah satu poin penting dalam pembelian truk adalah kemampuan mendakinya. Bagaimana mengetahui kekuatan truk saat mendaki?

Ternyata caranya cukup gampang. Kemampuan mendaki diukur dengan melihat angka torsi maksimal, rasio gigi satu, dan rasio gardan di spesifikasi kendaraan.

Training Supervisor, Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), Arif Budiman mengatakan, untuk tahu kemampuan truk dalam mendaki, tinggal kalikan ketiga unsur tadi.

"Misalkan torsi maksimum LPT (produk Tata Motors) itu kan 363 Nm, dikali gear rasio gigi 1 7,5, berarti 363 dikalikan 7,5. kemudian dikali dengan rasio gigi gardan atau final gear rasio, rasio gardan LPT itu 4,1," ujarnya.

Jika sudah dikalikan, dirinya mengatakan bandingkan dengan truk lainnya, untuk mengetahui hasil terbesar dari perkalian tiga unsur tersebut.

"Kalau hasilkan angkanya paling besar, menujukan kemampuan mendakinya paling baik. Jadi tinggal itu dikalikan saja yang hasilnya paling besar, itu artinya kemampuan mendakinya paling baik," pungkas Arif. (khi/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Geely Mundur Pinang Proton

    Geely Mundur Pinang Proton

    Senin, 27 Mar 2017 11:27 WIB
    Proton kini sedang mencari mitra strategis asing sebagai salah satu strategi bisnisnya. Sebelumnya dikabarkan, produsen Malaysia itu akan dipinang oleh Geely.
  • Hyundai Ubah Struktur Kepemilikannya?

    Hyundai Ubah Struktur Kepemilikannya?

    Senin, 27 Mar 2017 10:44 WIB
    Saham Hyundai Motor Co, akhir-akhir ini sempat bergerak kencang setelah adanya spekulasi kalau Hyundai akan melakukan restrukturisasi kepemilikannya.
  • Honda Luncurkan SUV Mewah UR-V

    Honda Luncurkan SUV Mewah UR-V

    Senin, 27 Mar 2017 10:13 WIB
    Honda di China kembali menambah jajaran model SUV lewat UR-V. Mobil diluncurkan oleh Dongfeng Honda sebagai SUV flagship di China.
  • Ferrari Bekas David Beckham Dilelang

    Ferrari Bekas David Beckham Dilelang

    Senin, 27 Mar 2017 09:19 WIB
    Sudah tidak dimungkiri mobil super sekelas Ferrari pasti menjadi impian banyak orang untuk memilikinya. Tak terkecuali pesepak bola profesional, David Beckham.
  • Begini Jadinya Kalau Jeep Diberi Turbo

    Begini Jadinya Kalau Jeep Diberi Turbo

    Senin, 27 Mar 2017 08:59 WIB
    Dalam sebuah ajang drag race, mobil Jeep yang biasanya tangguh di lintasan off road, dimodifikasi dengan menyelipkan turbo. Jeep mampu melesat 225 km/jam.