Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 17 Feb 2017, 11:00 WIB

Mau Tahu Berapa Kemampuan Mendaki Truk? Ini Caranya

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Mau Tahu Berapa Kemampuan Mendaki Truk? Ini Caranya Foto: M Luthfi Andika
Jakarta - Salah satu poin penting dalam pembelian truk adalah kemampuan mendakinya. Bagaimana mengetahui kekuatan truk saat mendaki?

Ternyata caranya cukup gampang. Kemampuan mendaki diukur dengan melihat angka torsi maksimal, rasio gigi satu, dan rasio gardan di spesifikasi kendaraan.

Training Supervisor, Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), Arif Budiman mengatakan, untuk tahu kemampuan truk dalam mendaki, tinggal kalikan ketiga unsur tadi.

"Misalkan torsi maksimum LPT (produk Tata Motors) itu kan 363 Nm, dikali gear rasio gigi 1 7,5, berarti 363 dikalikan 7,5. kemudian dikali dengan rasio gigi gardan atau final gear rasio, rasio gardan LPT itu 4,1," ujarnya.

Jika sudah dikalikan, dirinya mengatakan bandingkan dengan truk lainnya, untuk mengetahui hasil terbesar dari perkalian tiga unsur tersebut.

"Kalau hasilkan angkanya paling besar, menujukan kemampuan mendakinya paling baik. Jadi tinggal itu dikalikan saja yang hasilnya paling besar, itu artinya kemampuan mendakinya paling baik," pungkas Arif. (khi/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed