Khusus Pengendara Motor Manual, Ini Cara Merawat Kopling yang Benar

ADVERTISEMENT

Khusus Pengendara Motor Manual, Ini Cara Merawat Kopling yang Benar

Tim detikOto - detikOto
Jumat, 18 Nov 2022 19:28 WIB
Yamaha R15
Yamaha R15 Foto: Dok. Yamaha
Jakarta -

Meski saat ini motor matic jauh lebih banyak penggunanya jika dilihat berdasarkan hasil penjualan sepeda motor tiap tahunnya, bukan berarti pengendara motor manual kehilangan penggemar. Nah bagi detikers yang masih mengendarai motor manual, ada baiknya untuk terus melakukan pengecekan kampas kopling ya, karena kopling merupakan peranti penting untuk motor manual.

Seperti dijelaskan Yamaha dalam siaran resminya kepada detikOto, kampas kopling menjadi penting, karena kampas kopling sepeda motor memiliki fungsi untuk penghubung putaran mesin ke gigi transmisi. Jika bermasalah, sudah pasti motor manual detikers dijamin tidak akan nyaman dikendarai.

Nah untuk detikers pengendara motor manual sudah pasti harus tahu tanda-tanda saat kampas kopling bermasalah dan harus diganti. Salah satunya indikasi kampas kopling harus diganti tidak lain ialah terjadinya slip saat perpindahan gigi dan motor menjadi tidak bertenaga.

Lalu bagaimana cara merawat kampas kopling yang baik, agar bisa digunakan dalam cukup lama. Main Dealer Yamaha PT. Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) memberikan tipsnya.

1. Gaya berkendara

Pada saat stop n go jaga putaran mesin / rpm tidak boleh terlalu tinggi, karena akan mengakibatkan gesekan pada kampas kopling akan semakin besar.

Yamaha R15Yamaha R15 Foto: Dok. Yamaha

2. Jangan terlalu sering menahan setengah kopling

Pada saat mengendarai sepeda motor, apabila ingin mencapai di kecepatan tertentu jangan terlalu sering menahan setengah kopling, karena bisa mengakibatkan gesekan semakin besar juga.

3. Settingan kopling

Saat melakukan setting kopling sepeda motor, disarankan untuk tidak terlalu jauh gap antara handle dan tuas sepeda motor.

4. Rutin mengganti oli dan filter

Karena kopling sepeda motor terletak di dalam mesin dimana oli mesin ikut melumasi komponen kopling, apabila kualitas oli mesin sudah kurang baik disarankan untuk segera mengganti oli serta filternya, agar fungsi pelumas bekerja maksimal untuk mengurangi gesekan dan memperpanjang umur dari kampas kopling. Dianjurkan juga untuk menggunakan oli standar dari tipe motor masing masing.



Simak Video "Biar Awet! Ini Cara Merawat Motor Matik di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT