ADVERTISEMENT

Tips Merawat Filter Udara Sepeda Motor, Kapan Harus Diganti?

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 04 Sep 2022 10:40 WIB
Ilustrasi filter udara motor
Filter udara sepeda motor. Foto: Dok. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)
Jakarta -

Filter udara atau saringan udara adalah salah satu komponen penting pada sepeda motor. Komponen ini berfungsi menyaring udara dari berbagai partikel asing, seperti debu atau kotoran yang akan masuk ke mesin, sehingga aliran udara ke ruang bakar menjadi bersih dan bisa memaksimalkan proses pembakaran. Begini cara merawat filter udara sepeda motor.

Filter udara terdiri dari dua jenis, tipe kering yang dapat dibersihkan menggunakan semprotan angin bertekanan dan tipe basah yang tak bisa dibersihkan, namun memiliki daya saring lebih baik. Kedua tipe filter udara ini tetap memerlukan pengecekan dan penggantian sampai batas pemakaian sewajarnya, sesuai buku pedoman pemilik kendaraan.

Melihat perannya yang penting untuk menjaga performa sepeda motor tetap prima, maka para konsumen wajib melakukan pengecekan filter udara secara rutin setiap kali konsumen melakukan servis berkala di bengkel resmi. Teknisi akan memberi rekomendasi jika filter udara masih bisa dibersihkan dan layak dipakai atau sudah perlu diganti. Penggantian filter udara juga disesuaikan jarak tempuh dan waktu pemakaian yang direkomendasikan mengacu pada buku petunjuk pemilik.

Filter udara yang sudah memasuki batas jarak tempuh atau waktu penggunaan harus segera diganti, agar performa tetap terjaga dan mencegah penurunan akselerasi dan tenaga sepeda motor. Jika filter udara sudah terlalu kotor, maka kotoran atau debu pada filter udara akan menumpuk dan menyumbat sehingga udara bersih tidak dapat masuk maksimal atau menjadi terhambat.

Hal ini akan mengakibatkan motor menjadi tersendat, tarikan menjadi berat dan bahkan karena pembakaran tidak maksimal sehingga membuat bahan bakar menjadi lebih boros. Maka itu sepeda motor yang sering digunakan pada wilayah dengan polusi tinggi atau berdebu waktu penggantian filter udara menjadi lebih cepat.

Penggantian filter udara pada sepeda motor berbeda-beda. Pada sepeda motor jenis bebek, penggantian filter udara motor ada di interval 10.000 km atau 10 bulan penggunaan. Sementara pada sepeda motor jenis matik dan bebek, penggantian filter udara mulai interval 12.000 km-15.000 km dan 12 bulan hingga 15 bulan penggunaan.



Simak Video "Biar Awet! Ini Cara Merawat Motor Matik di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT