Serupa Tapi Tak Sama, Ini Beda Helm MotoGP dan Helm Formula 1

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 13 Okt 2021 10:47 WIB
Helm Fabio Quartararo, Maverick Vinales, dan Cal Crutchlow usai kualifikasi MotoGP Aragon 2020.
Helm MotoGP berbeda dengan helm yang dipakai di balapan Formula 1 (Dorna Sports)
Jakarta -

Baik di ajang balap mobil atau motor, helm merupakan komponen penting untuk melindungi para pebalap saat mengalami kecelakaan. Tahukah kamu kalau helm yang dipakai pebalap mobil dan pebalap motor beda jenis dan karakternya?

Satu hal yang bisa dipastikan, helm balap motor aau balap mobil harus memiliki tingkat keselamatan yang sangat tinggi. Saat pebalap melesat hingga kecepatan 300 km/jam, nyawa mereka bergantung pada atribut-atribut keselamatan yang menempel di tubuh.

Meski terlihat sama, helm untuk balap motor dan balap mobil sesungguhnya punya perbedaan.

Ketahanan Api

Helm balap mobil harus lulus uji api dengan berbagai tahap, hal ini untuk mencegah api membakar kepala pebalap ketika mobil mengalami crash lalu terbakar dan pebalap terjebak di dalam.

Helm ini juga dilapisi dengan nomex, yakni bahan khusus yang tahan api. Terdapat juga lapisan nomex di bagian visor yang berguna untuk mencegah api masuk ke dalam helm.

Ketahanan Terhadap Benturan

Pebalap motor punya risiko lebih besar mengalami crash dan terseret di aspal, sehingga helm pebalap motor dibuat lebih kuat menghanti kondisi seperti itu. Seperti sering terjadi, pebalap MotoGP mengalami crash acap kali tergelincir ke gravel dan menabrak pembatas sirkuit atau terpental hingga menghantam aspal.

Sementara helm balap mobil tentunya juga disiapkan untuk menghadapi benturan, namun tidak untuk menghadapi situasi terseret di aspal.

HANS

HANS (Head and Neck Safety) adalah fitur keselamatan yang berfungsi menghindari pebalap mobil dari mengalami cedera leher dan kepala. Alat ini membuat kepala pebalap lebih stabil saat mengalami benturan. Apalagi pebalap mobil sangat sering menghadapi guncangan keras ketika crash atau mengalami benturan.

SAKHIR, BAHRAIN - APRIL 2:  Fernando Alonso of Spain and Renault wears the HANS safety device during practice for the Bahrain F1 Grand Prix at the Bahrain Racing Circuit on April 2, 2004 in Sakhir, Bahrain  (Photo by Bryn Lennon/Getty Images)Serupa Tapi Tak Sama, Ini Beda Helm MotoGP dan Helm Balap Mobil Foto: Getty Images/Bryn Lennon

Aerodinamis

Helm yang digunakan untuk balapan motor punya desain lebih aerodinamis. Ini dikarenakan pengendara motor berinteraksi langsung dengan lingkungan luar, terterpa angin ketika melaju dalan kecepatan sangat tinggi.

Karena alasan yang sama, helm balap motor juga punya visor yang lebih besar jika dibandingkan dengan visor helm balap mobil.

Untuk helm pebalap F1 bahkan ada bagian yang ditutup, yang disebut strip Zylon. Ini sudah diperkenalkan sejak 2011. Penutup selebar 50 mm itu berfungsi menambah keamanan saat terjadi benturan, dan tentunya desain tersebut sudah disesuaikan sehingga tidak mengganggu pandangan pebalap.



Simak Video "Ternyata, Ini Rahasia Helm Motor Trail Punya Moncong dan Topi Panjang"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)