Tips Berkendara Motor Sport Fairing yang Aman dan Nyaman

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 03 Sep 2021 12:34 WIB
Adu fitur Kawasaki Ninja, Honda CBR250RR, Yamaha R25
Tips mengendarai motor sport fairing. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Segmen motor sport selalu memiliki penggemarnya di market Tanah Air, termasuk model sport fairing yang punya keunggulan dari performa mesin, desain aerodinamis, dan tampilan yang racy. Kendati demikian, tidak semua orang terbiasa naik motor sport fairing. Bagi pemula, ini tips mengendarai motor fairing yang aman.

Seperti dijelaskan Yamaha dalam keterangan resminya, agar lebih menikmati perjalanan dalam merasakan keunggulan motor fairing saat menggebernya di jalanan, penggunanya perlu memperhatikan cara mengendarainya. Apa saja hal yang perlu dicermati?

Riding posture

1. Riding posture mengikuti karakter sepeda motor, rileks dan senatural mungkin agar lebih mudah untuk melakukan handling dan menjaga kestabilan motor.

2. Posisi tangan mengikuti kontur stang dengan pergelangan dan siku menyudut. Posisi tangan yang lurus lebih susah mengendalikannya. Posisi kaki mendekap body motor (knee grip), hindari kaki yang mengangkang ini akan membuat kestabilan berkurang. Posisi punggung/bahu rileks karena posisi setang rendah, badan disarankan sedikit membungkuk.

3. Posisi badan bisa berubah menyesuaikan dengan kondisi pengoperasian sepeda motor. Jika saat berakselerasi, badan agak lebih membungkuk dan jika melakukan pengereman badan agak tegak, ini akan membuat pengendalian lebih stabil. Saat berbelok, badan segaris lurus dengan motor (lean with the bike), ini akan lebih aman karena berkendara di jalan raya.

Safety Gear

1. Disarankan gunakan helm full face standard SNI dan ukuran yang pas di kepala, ini akan membuat perlindungan lebih maksimal.

2. Gunakan jaket dan celana tertutup, disarankan khusus untuk berkendara, termasuk protector tangan dan kaki.

3. Gunakan sarung tangan khusus untuk berkendara yang menutupi semua bagian tangan dan jari agar saat mengoperasikan gas, rem dan kopling lebih maksimal (grip bagus).

4. Gunakan sepatu, disarankan yang menutupi sampai atas mata kaki, hindari menggunakan sandal.

5. Disarankan safety gear berwarna cerah, ini akan mudah terlihat oleh pengendara lain atau pengguna jalan lainnya sehingga membuat rider lebih aman.

Dan yang paling penting, berkendara harus dalam kondisi badan sehat, karena membuat Anda lebih konsentrasi dan fokus. Dan selalu mematuhi peraturan lalu lintas dan utamakan keselamatan baik bagi diri sendiri dan orang lain.

(lua/lth)