Cara Bikin Motor Matic Suzuki Bertenaga di Tarikan Bawah

Muhammad Hafizh Gemilang, Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 13 Agu 2021 19:34 WIB
Jakarta -

Motor matic biasanya hadir dengan mesin square, yang karakter tenaganya stabil di putaran bawah hingga ke atas. Namun, beberapa motor matic 'jadul' Suzuki, hadir dengan mesin yang terasa kurang bertenaga di tarikan bawah. Bagaimana cara mengatasinya?

Salah satu bengkel motor kustom asal Tangerang Selatan, Batakastem punya cara untuk atasi keluhan tenaga mesin motor matic Suzuki yang lemot di tarikan bawah ini.

"Suzuki Skydrive ini tenaganya terbilang baik di putaran tengah ke atas. Jadi untuk akali tarikan bawahnya yang 'lemot', kami ganti per kampasnya dengan Suzuki Nex," papar Abraham Simatupang, pemilik Batakastem kepada detikOto.

"Kalau kami menghindari yang namanya mengarsir bagian kampas. Soalnya, memang saat awal pasti tarikannya jos. Tapi lama-lama, akan banyak partikel yang mengotori bagian CVT. Akhirnya motor jadi turun performanya," ujar Abraham.

Selain itu, penting juga untuk mengecek kondisi bagian-bagian lain dari CVT. Karena bagian yang sudah termakan usia, akan membuat performa CVT jadi menurun.

Hal lain yang dilakukan Abraham, untuk meningkatkan performa Suzuki Skydrive yang mereka restorasi adalah dengan membesarkan leher knalpotnya.

"Terus untuk tarikan bawah yang lebih baik, kami ganti leher knalpot standarnya Skydrive ini dengan yang ukurannya lebih besar. Aslinya ukuran 22, sekarang kami pakai yang ukurannya 26," ujar Abraham.

"Saya merasa motor ini tuh kok agak ketahan dan kurang plong. Jadi dengan membesarkan jalur leher knalpot ini, ternyata cukup berpengaruh untuk performa Suzuki Skydrive ini," papar Abraham.

Masih banyak cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan performa motor matic. Cara paling umum adalah dengan meng-upgrade CVT. Biasanya hal ini dengan mengganti kampas rem dengan yang bahannya lebih baik dalam mencengkram, mengganti roller CVT hingga mengganti per sentrifugal-nya.

(mhg/din)