Marak Curanmor, Ini 5 Aksesori yang Bisa Bikin Motor Aman dari Maling

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 25 Mar 2021 11:41 WIB
Tangkapan layar rekaman CCTV maling motor di Solo, Jumat (5/2/2021).
Foto: Istimewa-Tangkapan layar rekaman CCTV maling motor di Solo.
Jakarta -

Aksi curanmor (pencurian kendaraan bermotor) akhir-akhir ini sering terjadi. Sebenarnya hal itu bisa dihindari jika perangkat keamanan di kendaraan kita memadai. Bagi sepeda motor yang sudah dilengkapi kunci keyless atau alarm dari pabrikan, tentu motornya lebih aman dari tindakan pencurian. Tapi bagaimana dengan motor yang perangkat keamanannya minim?

Dikutip dari Astra Motor, mencegah tindak pencurian lebih baik daripada menindak setelah aksi curanmor terjadi. Lalu agar sepeda motor tidak dicuri dengan mudahnya, ada beberapa aksesori atau alat keamanan tambahan, yang bisa dipasangkan pada kendaraan Anda. Apa saja?

1. Gembok

Untuk mencegah aksi curanmor, Anda bisa memasang gembok pada piringan cakram atau rantai sepeda motor. Pemasangan aksesori ini bisa mencegah motor bergerak, meski kunci kontak berhasil dibobol dan mesin dinyalakan. Tapi yang perlu dicatat, jika Anda memasang gembok di cakram harus diingat-ingat ya. Sebab jika lupa dilepas dan motor dijalankan, gembok bisa menghantam kaliper rem.

2. Baut dan Mur

Jangan salah, barang kecil seperti baut dan mur juga bisa membuat motormu lebih aman dari incaran maling lho. Caranya, baut dan mur dipasang pada lubang piringan rem cakram. Fungsinya kurang lebih sama seperti gembok cakram. Bedanya, baut dan mur ukurannya lebih kecil, sehingga maling tidak akan menyadarinya.

3. Grip Lock

Peralatan ini bisa dibilang lebih mudah jika dibandingkan dengan 2 alat sebelumnya, namun terbilang cukup ampuh juga dalam mencegah pencurian motor. Cara kerjanya, grip lock diletakkan pada bagian sisi kanan setang, dimana diikatkan dengan tuas rem. Dengan demikian, jika grip lock tidak dibuka, maka kendaraan juga tidak bisa melaju, lantaran rem terus tertekan.

4. Kunci Rahasia

Untuk peralatan keamanan tambahan lain yang bisa dipasang di motor kalian adalah kunci rahasia, di mana ini bisa diketahui oleh pemiliknya saja. Dengan demikian, ketika ada orang lain yang hendak meminjam atau mungkin berniat mencuri kendaraan, tidak bakalan bisa mengaksesnya. Kunci rahasia ini biasanya bekerja dengan cara memutus arus listrik kendaraan, sehingga motor tidak akan bisa dinyalakan jika kunci rahasia ini masih aktif.

5. Alarm

Alat satu ini menjadi yang paling familiar dari kebanyakan pengendara, lantaran dengan sistem ini pelaku akan panik dan langsung kabur. Akan tetapi jika kalian memasang alarm pada kendaraan, maka jangan diletakkan di sembarang tempat demi menjaga ketahanan alat. Sebaiknya, motor diparkir di tempat aman, dan usahakan terhindar dari hujan.



Simak Video "Cuma 5 Menit, 2 Unit Motor di Purwakarta Raib Digondol Maling"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)