Minggu, 13 Sep 2020 06:08 WIB

3 Mitos Sepeda Motor yang Sering Dianggap Fakta

Tim detikcom - detikOto
Kini, sepeda motor tidak hanya sebagai sarana transportasi harian semata. Konsumen dan pengendara telah menjadikan sepeda motor sebagai bagian dari gaya hidup dan identitas diri. Hal ini terjadi pada penggemar skutik premium Honda PCX yang menyesuaikan penampilan dengan model elegan yang diusung Honda PCX. Ilustrasi pengendara sepeda motor. Foto: Wahana Makmur Sejati
Jakarta -

Mitos tak selalu berkaitan dengan dunia gaib. Di kalangan pengendara motor pun banyak beredar mitos yang terkadang menyesatkan. Mitos ini menyebar dari mulut ke mulut dan dianggap jadi sebuah kebenaran.

Dikutip dari laman Wahana Honda, mitos sepeda motor ini terbentuk dari fakta yang ada di beberapa tahun sebelumnya. Namun karena perkembangan teknologi dalam dunia otomotif, fakta tersebut menjadi tidak relevan dan menjadi sebuah mitos yang berkembang di kalangan pengendara motor.

Setidaknya ada 3 mitos di dunia roda dua yang masih menjadi pandangan umum para bikers. Antara lain, mitos saat inreyen motor baru, memanaskan mesin menggunakan kick starter, dan memanaskan mesin dalam waktu lama.

Tidak Boleh Mengendarai Motor dengan Kecepatan Tinggi Saat Inreyen

Mitos ini merupakan sebuah fakta yang memang terjadi di zaman dahulu, di masa sepeda motor kebanyakan masih menggunakan teknologi 2 Tak. Masa inreyen merupakan masa penyesuaian mesin yang terjadi pada sepeda motor baru.

Masa inreyen pada kendaraan motor 2 tak sedikit berbeda dengan kendaraan zaman sekarang. Di zaman sekarang kendaraan pada masa inreyen sudah bisa digeber dengan kecepatan tinggi. Yang tidak dianjurkan adalah membuka gas secara mendadak karena bisa menyebabkan penyesuaian mesin berjalan tidak maksimal.

Menghidupkan Mesin di Pagi Hari Harus Menggunakan Kick Starter

Awal mula dari mitos ini adalah sepeda motor yang dibuat di bawah tahun 2000-an masih memiliki sistem kelistrikan yang belum secanggih sekarang. Pada masa tersebut aki yang digunakan harus diisi terlebih dahulu dengan nyala mesin pada sepeda motor agar aki bisa awet dan tahan lama.

Menggunakan kick starter pada pagi hari berfungsi untuk membuat aki lebih awet dan tahan lama. Tapi di sepeda motor keluaran sekarang, teknologi aki dan kelistrikan sudah berkembang pesat, sehingga Anda tidak perlu memakai cara usang tersebut untuk merawat aki.

Memanasi Mesin dalam Waktu Lama

Berbicara soal ritual memanaskan mesin, tentunya kita juga perlu memperhatikan waktu yang dibutuhkan. Untuk teknologi mesin injeksi tentu tidak usah lama-lama, cukup dengan waktu 1 menit, kondisi mesin sudah dalam kondisi siap digunakan. Tapi untuk teknologi sepeda motor dengan karburator, mungkin memang membutuhkan waktu yang agak lebih lama karena pengapian di mesin karburator tidak seefektif mesin injeksi.



Simak Video "Mitos Hutan Pasarean: Berani Ambil Pohon Bakal Didatangi 'Maung'"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com