Rider Nmax Tabrak Pemotor, Ini 3 Bahaya Cornering ala MotoGP

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 17 Jun 2020 12:58 WIB
kecelakaan lalu lintas.
Pengendara Nmax menabrak pemotor dari arah berlawanan saat menikung. Foto: Screenshoot video viral.
Jakarta -

Di media sosial tengah viral pengguna sepeda motor Yamaha Nmax kebut-kebutan di tikungan sampai menabrak pemotor lain dari arah berlawanan. Dalam video yang viral, tampak pemotor itu menikung dengan kecepatan cukup tinggi.

Saat menikung ke kiri, pengendara Nmax itu terlalu ke kanan. Berusaha menghindari pemotor lain dari lawan arah, motor Nmax tersebut selip ban belakangnya. Tabrakan dengan motor dari lawan arah yang dikendarai seorang wanita pun tak terhindarkan.

[Gambas:Video 20detik]



Menurut Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, peristiwa serupa sudah sering kali terjadi. Apalagi di jalanan yang banyak tikungan, beberapa pemotor menikmati jalanan berkelok-kelok sambil cornering seperti menikung dengan kecepatan tinggi di sirkuit.

Padahal, Sony menegaskan ada tiga hal berbahaya saat pemotor melalui jalanan tikungan. Sebab, jalan raya tidak dirancang seperti sirkuit balapan.

"Di tikungan ada tiga hal yang harus diperhatikan. Bumpy, licin, blindspot," kata Sony kepada detikcom, Rabu (17/6/2020).

Untuk mengantisipasi tiga hal berbahaya tersebut di tikungan, pemotor seharusnya bisa mengantisipasinya. Bukannya tetap ngebut bahkan menambah kecepatan ala pebalap MotoGP, sebaiknya pemotor mengurangi kecepatan saat melewati tikungan.

"Kebiasaan yang aman yang harus dilakukan di tikungan, kurangi kecepatan dan cover brake," ujarnya.

Cover brake yang dimaksud Sony adalah persiapan pengendara untuk mengurangi kecepatan saat melewati tikungan. Pertama tutup gas, dan melakukan pengereman secara bertahap.

"Ini yang terjadi. Mereka sering melakukan coba-coba di tikungan, memang enak sih rebah (cornering) di tikungan, tapi biker nggak tahu bahwa itu bukan tikungan sirkuit yang sebelum lomba disapu, bebas kotoran dan lain-lain," ujar Sony.



Simak Video "Kecelakaan Maut di Tol Cipali KM 150, 4 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)