Rabu, 25 Mar 2020 19:08 WIB

4 Cara Mudah Merawat Motor Sendiri saat #dirumahaja

- detikOto
Perawatan motor bisa dilakukan di rumah Perawatan motor bisa dilakukan di rumah.Foto: Wahana Honda
Jakarta -

Menjaga jarak sosial saat ini menjadi hal wajib untuk membantu pemerintah mencegah penyebaran virus corona. Kendati saat ini sebagian besar orang hanya bisa melakukan aktivitas rutin di rumah, urusan perawatan sepeda motor jangan sampai dilewatkan ya.

Seperti dijelaskan oleh tim training Technical Service Function (TSF), main dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, Wahana Makmur Sejati, ada empat cara mudah merawat motor yang bisa dilakukan oleh bikers tanpa perlu pergi ke bengkel.

Apa saja perawatan motor yang bisa dilakukan di rumah?

Pertama adalah melakukan pencucian menyeluruh sepeda motor. Bersihkan bagian bodi, mesin, hingga bagian bawah jok.

"Selain motor jadi bersih, kita juga dapat mengetahui beragam kemungkinan kerusakan, seperti lecet bodi ataupun bagian mesin yang rembes oleh oli, cairan rem, ataupun cairan pendingin mesin, sehingga dapat melakukan tindakan yang lainnya," tulis tim TSF WMS dalam keterangan resmi kepada detikOto, Rabu (25/3/2020).

Perawatan selanjutnya adalah memeriksa kondisi oli, dengan membuka tongkat oli atau dipstick untuk mengetahui tingkat keenceran oli dan level tinggi oli.

"Setelah itu, cek kondisi kekencangan rantai untuk motor tipe cub dan sport, sedang motor tipe AT bisa dilakukan dengan menyalakan motor sembari mendengarkan suara mesin dan bagian CVT untuk mendeteksi adanya gangguan," lanjutnya lagi.

Pemeriksaan terakhir, pastikan seluruh komponen penting dalam berkendara seperti lampu, kanvas rem, kondisi tekanan angin, dan alur ban masih baik untuk digunakan berkendara.



Simak Video "Kasus WNI Positif Corona Kini Mencapai 309"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com