Selasa, 03 Mar 2020 20:12 WIB

Bersihkan Helm Motor Secara Rutin Bisa Cegah Virus Corona

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Helm merupakan perangkat utama saat berkendara motor. Fungsinya jelas vital, yakni untuk melindungi kepala dari benturan ketika terjadi insiden kecelakaan. Tapi jangan hanya bisa memakainya. Helm juga perlu dirawat, minimal dicuci ketika bagian dalam helm sudah dirasa kotor dan menimbulkan bau. Pemotor dianjurkan mencuci helm secara rutin. Foto: Luthfi Anshori
Jakarta -

Tindakan preventif untuk mencegah penyebaran virus corona bisa dilakukan dengan gaya hidup sehat dan bersih. Pengendara motor bisa mencegah virus corona dengan rutin membersihkan perangkat yang digunakan selama berkendara. Salah satunya helm.

Grab Indonesia yang kini memiliki layanan kesehatan, GrabHealth, melalui pernyataan resminya memberikan beberapa tips naik motor sehat di tengah hebohnya penyebaran virus corona. Pemotor disarankan untuk membersihkan helm secara rutin. "Bersihkan bagian luar dan dalam helm," tulis Grab dalam sarannya.

Ahmad dari komunitas Belajar Helm menyarankan, untuk helm yang dipakai harian sebaiknya dibersihkan minimal seminggu sekali. Misalnya, dalam seminggu helm dipakai untuk aktivitas bekerja selama 5 hari (Senin-Jumat), maka di akhir pekan disarankan agar dibersihkan.

"Sebisa mungkin untuk helm fullface dicuci sampai bersih di bagian ventilasi karena rentan debu, kuman nempel di bagian ventilasi dan bagian inner helm. Untuk helm halface (open face) pun sama," kata Ahmad kepada detikcom, Selasa (3/3/2020).

Dengan mencuci helm, pemotor menjamin kebersihan dan kenyamanan saat berkendara. Dengan mencuci helm, pemotor menjamin kebersihan dan kenyamanan saat berkendara. Foto: detikOto

Untuk mencuci helm, jangan lupa membersihkan bagian dalam atau inner helm yang bisa dilepas. Cara mencucinya pun tidak sulit, kurang lebih sama seperti mencuci pakaian.

"Cukup direndam dengan air dan deterjen beberapa saat, kemudian cukup dikucek dan dibilas," kata Ahmad.

Namun, tidak disarankan menggunakan sikat untuk membersihkan kain inner helm. Sebab, penggunaan sikat bisa merusak bahan inner helm. "Cukup kucek pakai tangan aja," sarannya.

Untuk bagian visor atau kaca helm pun perlu dibersihkan. Ahmad menyarankan untuk membersihkan visor menggunakan cairan pembersih. Mengutip Motorcyclist Online, visor helm bisa dibersihkan dengan air hangat. Setelah menyemprotnya dengan cairan pembersih atau air hangat, jangan lupa dikeringkan dengan lap bersih yang terbuat dari bahan lembut.

Terakhir, agar terhindar dari debu dan partikel lain, pemotor bisa menggunakan balaclava atau buff sebelum memakai helm.



Simak Video "Kasus WNI Positif Corona Kini Mencapai 309"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com