Rabu, 19 Feb 2020 08:58 WIB

Kenapa Motor Matic Sering Jadi Sarang Tikus?

Luthfi Anshori - detikOto
Ban skutik biasanya berukuran lebih kecil Area bawah dek motor matic jadi tempat favorit tikus.Foto: detikOto
Jakarta -

Bagi Anda yang memiliki motor matic, harap waspada terhadap serangan hewan pengerat seperti tikus. Terlebih di musim hujan seperti sekarang ini, tikus akan mencari tempat yang lebih kering untuk bersarang. Motor (matic) jadi salah satu tujuannya.

Dijelaskan punggawa RI Matic Shop, Muhammad Ikim, ada alasan mengapa tikus-tikus memilih motor matic untuk dijadikan sarang. Alasan paling utama karena motor matic memiliki ruang kosong yang cukup besar, khususnya di bagian bawah dek.

"Tikus bisa masuk ke dek bawah dari standar tengah," kata Ikim, dihubungi detikcom, Selasa (18/2/2020).

Saat berhasil masuk ke bagian dek, tikus akan menggigit kabel kelistrikan yang terdapat di situ. "Biasanya tikus makan kabel bawaan motor switch standar samping," lanjut Ikim.

"Otomatis motor nggak bisa di-starter alias kosong nggak ada kontak kelistrikan meskipun panel speedometer, klakson, lampu, dan lain-lain nyala," jelasnya lagi.

Tidak hanya berpotensi merusak komponen kabel motor, tikus juga bisa menjadikan ruang kosong di bawah dek motor matic sebagai sarang dan dijadikan tempat beranak pinak. "Dulu (pernah nemu kasus) sampai ada anak-anaknya," ujar Ikim.

Menurut Ikim hal itu tidak hanya terjadi pada motor lama, motor baru pun sangat bisa menjadi korban tikus. "Kadang motor baru pun diembat juga. Pernah dua motor matic saudara saya, belum ada plat nopolnya, digigit tikus juga," kata Ikim.

"Solusinya gampang, tinggal kasih kamper atau lem aquarium. Binatang kayak tikus, kecoa, ular, nggak suka sama bau yang nyengat banget," pungkasnya.



Simak Video "Tikus Merajalela di Blora, Pemkab-Polisi Turun Tangan Inisiasi Perburuan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com