Minggu, 16 Feb 2020 13:10 WIB

Tips Touring Sehat dan Aman ala Komunitas Dokter Pencinta Moge

Bayu Ardi Isnanto - detikOto
Komunitas Dokter Pencinta Moge Touring di Solo Meddocs, bikers moge yang berisikan para dokter memberikan tips touring aman dan sehat. Foto: Bayu Ardi Isnanto

Dia mencontohkan saat MedDocs touring dari Cirebon ke Solo, mereka sempat mampir makan di Ungaran. Di situ, mereka sepakat agar berhenti makan sebelum kenyang.

"Kalau kenyang betul, nanti aliran darah di otak ditarik ke perut, terjadi hipovolemia relatif. Karena dibutuhkan banyak oleh perut untuk pencernaan makanan, maka terjadi hipoksia," katanya.

"Akibatnya, oksigen ke otak pun berkurang maka hipovolemia relatif menjadi hipoksia relatif. Makanya kita menguap, kantuk dan bisa menyebabkan kecelakaan," ungkap dia.

Karena keahliannya di bidang kedokteran, MedDocs kerap dilibatkan dalam kegiatan komunitas moge lain. Mereka diminta menangani masalah kesehatan.

"Kita juga memberikan semacam kursus singkat bagaimana pertolongan pertama pada kecelakaan, bagaimana kita menghentikan pendarahan, bagaimana kita mengangkut pasien yang terkapar," kata Errawan.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Dalam 20 Hari, Polisi Tangkap 10 Pelaku Curanmor di Solo"
[Gambas:Video 20detik]

(bai/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com