Minggu, 16 Feb 2020 13:10 WIB

Tips Touring Sehat dan Aman ala Komunitas Dokter Pencinta Moge

Bayu Ardi Isnanto - detikOto
Komunitas Dokter Pencinta Moge Touring di Solo Meddocs, bikers moge yang berisikan para dokter memberikan tips touring aman dan sehat. Foto: Bayu Ardi Isnanto
Solo -

Touring menggunakan motor gede (moge) kini sudah menjadi hobi di berbagai kalangan, salah satunya dokter dan tenaga medis. Para dokter dan tenaga medis yang tergabung dalam MedDocs tersebut berbagi berkendara sehat dan aman.

Ketua MedDocs Jawa Tengah, dr Zulfachmi SpPD FINASIM, mengatakan touring berbeda dengan berkendara biasa. Karena jarak tempuh yang mencapai ratusan kilometer, tubuh harus dalam keadaan bugar.

"Sebelum touring tentu istirahat harus cukup. Tidur minimal enam sampai delapan jam," kata Zulfachmi di sela-sela kegiatan 11th Anniversary Meddocs di rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung, Sabtu (15/2/2020).

Komunitas dokter pencinta moge melakukan touring dengan moge. Komunitas dokter pencinta moge melakukan touring dengan moge. Foto: Bayu Ardi Isnanto

Tak hanya cuaca, panasnya kendaraan pun memicu pengendara mengalami dehidrasi. Ketika dehidrasi, otak akan kekurangan oksigen sehingga konsentrasi berkurang.

"Tanda yang paling mudah bahwa kita kurang konsentrasi adalah menguap. Ngantuk itu artinya otak kekurangan oksigen," ujarnya.

Salah satu pendiri MedDocs, dr Errawan Wiradisuria, SpB(K)BD, menambahkan bahwa bikers harus mengontrol makanannya. Bikers tak boleh kekenyangan saat melakukan touring.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Dalam 20 Hari, Polisi Tangkap 10 Pelaku Curanmor di Solo"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com