Selasa, 28 Jan 2020 09:08 WIB

Musim Hujan Banyak Jalan Berlubang, Pemotor Diminta Hati-hati

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jalan Raya Kaliabang di Bekasi, Jawa Barat, terlihat mengalami kerusakan parah. Kondisinya bak kubangan kerbau. Jalan rusak. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Musim hujan seperti saat ini kerap menimbulkan jalan rusak. Sifat air sebagai pelarut yang salah satunya bisa melarutkan material penyusun jalan menimbulkan kerusakan pada jalan tersebut.

Jalan yang rusak atau berlubang cukup membahayakan bagi pengendara, terutama pengendara sepeda motor. Sebab, mengendarai sepeda motor membutuhkan keseimbangan yang bisa saja terjatuh karena terjerembap ke lubang jalan tersebut.

Menurut Training Director Indonesia Road Safety Agent (IRSA), Poedyo "Ipung" Santosa, pemotor diminta hati-hati saat melewati jalan yang rusak. Sebab, jalan rusak bisa menimbulkan risiko.

"Berisiko mencederai pengendara. Saat hantam lubang bisa saja mencederai baik secara luka dalam maupun luka luar," katanya kepada detikcom belum lama ini.

Risikonya, pengendara bisa terjatuh, jungkir balik bahkan bisa terluka. Selain itu, bagian-bagian motor juga bisa berpotensi rusak akibat jatuh ke lubang jalan.

"Punya risiko merusak bagian-bagian kendaraan seperti ban, velg sampai suspensi. Bisa juga berakibat fatal jika melihat kedalaman lubang seperti pengendara terjatuh hingga tertabrak kendaraan lain," ujarnya.



Simak Video "Miris! Potret Warga Menembus Jalan Rusak di Polewali Mandar"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com