Selasa, 21 Jan 2020 21:14 WIB

Beda Spek Helm Pembalap dan Helm Biker Harian

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Instagram @jackmilleraus
Jakarta - Helm yang digunakan pembalap untuk beraksi di sirkuit sudah pasti memiliki perbedaan spek dengan helm biker harian. Balapan yang memacu motor sampai kecepatan lebih 300 km/jam perlu proteksi mumpuni, juga bisa mendukung sistem aerodinamika.

Mengutip dari laman Suzuki, ada beberapa perbedaan antara helm khusus balap dan helm-helm yang biasa dijual di pasaran. Apa saja bedanya?

Satu perbedaan mendasar adalah pada helm balap, semuanya diperhitungkan. Mulai dari bagian batok helm, sampai ventilasi untuk mulut sangat diperhatikan desain, fungsi dan tingkat kenyamanannya.



Misal bagian ventilasi mulut helm balap didesain secara detail, agar ketika motor balap dipacu di lintasan dengan kecepatan tinggi, angin masuk tidak terlalu signifikan, namun tetap bisa membuat pebalap motor nyaman selama berada di lintasan balap.

Contoh lainnya, busa dalam untuk helm balap akan dibuat senyaman mungkin, tapi bisa menjamin helm tidak goyang-goyang ketika motor dipacu di kecepatan tinggi.

Bentuk visor atau kaca helm balap dan helm biasa pun beda. Ketebalan kaca dan kualitas optical visor helm balap didesain khusus supaya pembalap bisa tetap fokus saat memacu motor dalam kecepatan tinggi.



Untuk tingkat safety, helm balap juga harus lebih aman karena untuk melindungi kepala pembalap motor yang memacu motornya sampai lebih dari 300 km/jam.

Pengujian untuk ini akan dilakukan benar-benar detail sehingga aspek keamanan lebih diutamakan.

Perbedaan terakhir, ada pada bahan. Helm balap biasanya berbahan composite carbon kevlar, sedangkan helm biasa bahannya thermoplastic atau fiber biasa.

Simak Video "Lomba Menghias Helm, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com