Jumat, 10 Jan 2020 18:34 WIB

Skuter Kamu Terendam Banjir? Segera Cek 6 Komponen Ini

Luthfi Anshori - detikOto
Service skuter Foto: Scooter VIP
Jakarta - Hujan dan bencana banjir terjadi di awal tahun 2020. Beberapa wilayah di Jabodetabek terkena musibah banjir. Tak hanya membuat permukiman tenggelam, banjir juga merendam banyak kendaraan bermotor, termasuk motor jenis skuter.

Dijelaskan Kepala Bengkel Scooter VIP, Abdul Rosyid, ada risiko yang kerap terjadi, jika pengendara skuter nekat memaksakan untuk menyalakan skuternya saat menerabas banjir. Risiko itu adalah water hammer.

"Water hammer ini merupakan kondisi dimana ada air berlebih yang masuk ke ruang pembakaran. Risiko ini sangat fatal untuk mesin. Apabila sudah terjadi water hammer otomatis biaya perbaikan akan lebih mahal," bilang Abdul, melalui keterangan resmi kepada detikcom, Jumat (10/1/2020).



Nah, maka itu setelah skuter kamu melewati genangan air atau terendam banjir, segera periksa beberapa komponen untuk memastikan air tidak masuk ke komponen tersebut. Menurut Abdul ada 6 komponen skuter seperti Vespa, yang wajib dicek setelah kena genangan air. Apa saja?

1. Filter udara
Filter udara tugasnya adalah menyaring kotoran yang terbawa udara. Bila sudah terendam banjir otomatis filter udara akan menjadi rusak dan harus dilakukan pergantian.

2. Knalpot
Sebagai salah satu komponen utama kendaraan knalot ini sangat berpengaruh. Apabila knalpot sudah kemasukan air maka kinerja pembuangan akan terhambat.

3. CVT atau continously variable transmission
Air yang masuk akan mengganggu kinerja drive pulley dan driven pulley, sehingga tidak mau mentransfer tenaga mesin ke roda.



4. Oli mesin
Oli yang bercampur air otomatis akan merusak jeroan mesin skuter, maka segera ganti.

5. Aki
Aki merupakan bagian penting untuk kelistrikan dari skuter. Namun bila sudah kena banjir dan skuter Anda tenggelam ada dua kemungkinan untuk aki bisa digunakan, dengan di-charger terlebih dahulu atau Aki sudah mati dan harus segera dilakukan penggantian.

6 Tangki Bensin
Beberapa skuter ada yang tenggelam keseluruhan bodinya. Bila ini terjadi pada skuter Anda, harap dilakukan pengecekan juga di tangki bensin Anda dan lebih baik bila dilakukan pengurasan tangki bensin sampai habis.

Simak Video "Konawe Utara Banjir Parah, 3 Kecamatan Terisolasi"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com