Minggu, 05 Jan 2020 13:15 WIB

Harga BBM Turun, Ini Cara Tepat Pilih Bensin yang Cocok

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Pradita Utama


Misalnya, motor dengan rasio kompresi mesin 7:1 sampai 9:1 disarankan untuk menggunakan bahan bakar dengan oktan 88 seperti Premium atau paling mentok oktan 90 seperti Pertalite, Shell Reguler dan Total Performance 90.

Sedangkan untuk mesin dengan rasio kompresi 9:1 sampai 10:1 bisa menggunakan bahan bakar dengan oktan 90. Untuk RON 92 bisa digunakan oleh mesin dengan rasio kompresi 10:1 sampai 11:1.



Untuk kompresi yang lebih tinggi lagi, bisa menggunakan bahan bakar RON 95 untuk rasio kompresi 11:1 sampai 12:1. Di atas itu, bisa menggunakan RON 98 seperti Pertamax Turbo.

Rasio kompresi kendaraan mungkin bisa dimodifikasi jika ingin menggunakan bahan bakar kualitas terbaik. Tapi sebelum memodifikasinya, cek dulu motor mempunyai sistem pendingin yang bisa mendukung atau tidak.

Laman Federal Oil menulis, motor dengan pendingin radiator mungkin lebih minim overheat sehingga bisa menggunakan bahan bakar dengan oktan tinggi. Disebutkan, semakin tinggi RON sebuah bahan bakar, semakin tinggi juga suhu yang dihasilkannya.
Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com