Minggu, 05 Jan 2020 13:15 WIB

Harga BBM Turun, Ini Cara Tepat Pilih Bensin yang Cocok

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Harga bahan bakar minyak (BBM) di SPBU BUMN maupun swasta turun. Pertamina, Shell, dan Total menurunkan harga bahan bakar minyak. Untuk Pertamina, produk BBM seperti Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex dan Dexlite turun harga. Sementara Shell dan Total menurunkan harga bensin dengan RON 90, RON 92, RON 95 dan bahan bakar diesel.

Dengan semakin murahnya harga bensin, pemilik kendaraan diberikan beragam pilihan. Namun, sangat disarankan pemilik kendaraan tetap memilih bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi kendaraannya.



Setiap bensin memiliki RON (Research Octane Number) atau oktan yang berbeda-beda. RON tersebut bisa menjadi acuan memilih bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin.

Dilansir laman Federal Oil, ada beberapa cara untuk memilih bensin yang cocok dengan kendaraan. Apa saja?



Yang pertama, pemilik kendaraan harus membuka buku petunjuk atau buku manual pemilik kendaraan. Setiap pabrikan otomotif pasti menyertakan buku manual pemilik. Di sana terdapat petunjuk penggunaan bahan bakar yang direkomendasikan. Atau paling tidak disajikan spesifikasi rasio kompresi mesin kendaraan.

Kedua, pemilik kendaraan harus mengetahui rasio kompresi kendaraan. Kompresi mesin pada kendaraan adalah salah satu yang menentukan bahan bakar apa yang paling ideal.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com