Kamis, 02 Jan 2020 20:59 WIB

Nggak Ada Bagasi, Bagaimana Cara Bawa Mantel Hujan di Motor Sport?

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Motor sport tidak dilengkapi kompartemen memadai seperti motor bebek atau matic. Maka itu urusan membawa mantel atau jas hujan menjadi masalah tersendiri bagi sebagian pengguna motor batangan ini. Mau dipaksa taruh di bawah jok? Tentunya tidak disarankan, karena di bawah jok ada perangkat filter udara dan kelistrikan, yang harus bebas dari kontaminasi benda lain.

Namun ketiadaan kompartemen tidak lantas menjadi alasan pengguna motor sport malas membawa mantel hujan. Jangan sampai karena tidak membawa peranti itu, aktivitas berkendara jadi terhambat, atau bahkan membuat jalanan macet karena berteduh di sembarang tempat.



Ada beberapa tips dari kami bagaimana cara membawa mantel hujan di motor sport.

Pertama adalah membawanya di dalam tas. Cara ini memang cukup membuat repot dan membebani. Sebab mantel hujan bukan termasuk benda yang enteng. Terlebih jika dalam tas, Anda juga mesti membawa perlengkapan lain seperti laptop, buku, dan sebagainya.



Nah, supaya tidak membebani punggung, Anda bisa memilih mantel atau jas hujan yang materialnya ringan namun kuat. Sebelum memutuskan membeli, ada baiknya mengecek dulu spesifikasinya. Mantel hujan yang ringan punya bobot di bawah 1 kg atau kira-kira 600 gram-an.

Cara selanjutnya adalah memasang kompartemen boks tambahan. Jika membawa jas hujan dalam tas dirasa terlalu membebani, maka pilihan lainnya dengan memasang boks tambahan. Dengan memasang top boks maupun side boks, Anda tidak hanya bisa membawa mantel hujan, tapi juga barang-barang lainnya.



Tapi efek negatifnya, menggunakan boks untuk berkendara harian bisa menimbulkan masalah tersendiri. Sebab motor jadi kurang lincah dikendarai di tengah kemacetan karena dimensi motor bertambah panjang. Selain itu, adanya beban di ujung belakang juga bisa membuat pengendalian kurang enak. Dan lagi kompartemen boks hanya cocok dipasang di motor naked sport. Sementara jika dipasang di sport fairing, secara estetika kurang tepat.

Cara terakhir membawa mantel hujan di motor sport adalah dengan memasang tas di bagian tangki. Peranti ini disebut tank bag dan sudah banyak dijual di market place dengan harga bervariasi. Untuk cara memasangnya, bisa menggunakan magnet, atau jika tangki motor sport Anda dilapis plastik, bisa menggunakan tali bawaan produk tank bag tersebut.

Membawa mantel hujan di tank bag menjadi cara paling aman dan nyaman. Sebab tidak terlalu mempengaruhi handling berkendara.

Simak Video "Viral Evakuasi Jenazah Pakai Jas Hujan di Kendari, Ini Faktanya"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com