Rabu, 01 Jan 2020 15:07 WIB

Motor Terendam Banjir, Jangan Langsung Dinyalakan Ya!

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Banjir melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya. Genangan air itu merupakan musuh dari kendaraan bermotor. Jika tidak ditangani dengan tepat, banjir bisa berakibat fatal untuk kendaraan.

Tak cuma mobil, sepeda motor juga terancam rusak jika tergenang banjir. Agar tak semakin parah, motor yang terendam banjir sebaiknya tak langsung dinyalakan mesinnya.

"(Menyalakan motor) tidak disarankan, Karena ada kekhawatiran kalau baterai atau komponen kelistrikan masih banyak airnya," ujar Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno beberapa waktu lalu.



Menyalakan mesin setelah motor terendam banjir juga memicu air masuk lebih dalam ke mesin. Hal itu bisa semakin berat risiko kerusakannya.

"Kalau bagian mesin apabila di bagian saringan udara masih banyak air, begitu dicoba untuk hidup dengan kick starter malah air yang ada dalam saringan udara bisa masuk ke dalam mesin," kata Endro.



Ia menegaskan untuk membiarkan sepeda motor kering terlebih dahulu sebelum dicoba untuk dinyalakan lagi. Jika memiliki keterampilan membongkar motor dapat memeriksa sejumlah komponen kelistrikan dan mesin yang terendam air apakah masih ada air atau tidak. Andai tidak paham cara membongkar motor ada baiknya segera dibawa ke bengkel resmi terdekat.

Simak Video "Cerita Warga Soal Ngerinya Longsor di Bogor yang Tewaskan 1 Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com